Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kapal Terbalik di Uganda, 19 Orang Meninggal

Setidaknya 19 orang tewas dan puluhan lainnya hilang pada Sabtu setelah kapal yang membawa sebagian besar pengungsi Kongo terbalik di sebuah danau yang terbentang di sepanjang perbatasan Uganda dan Republik Demokratik Kongo.
 Cuaca ekstrem di Laut/Antara
Cuaca ekstrem di Laut/Antara

Bisnis.com, KAMPALA - Setidaknya 19 orang tewas dan puluhan lainnya hilang pada Sabtu setelah kapal yang membawa sebagian besar pengungsi Kongo terbalik di sebuah danau yang terbentang di sepanjang perbatasan Uganda dan Republik Demokratik Kongo.

Polisi setempat mengungkapkan nelayan setempat dan kapal-kapal penumpang terdekat membantu menarik 43 korban yang selamat dari air, tetapi setidaknya 34 orang hilang dan dikhawatirkan tewas.

"Kami masih menyelidiki, tapi kami telah diberitahu bahwa penyebabnya karena kelebihan penumpang," kata Lydia Tumushade, juru bicara polisi untuk wilayah Albertine Uganda.

Danau Albert adalah sepanjang sekitar 160 km (100 mil) dan lebar 30 km dan merupakan bagian paling utara dari rantai danau di Albertine Rift, cabang barat Rift Valley.

Kapal itu memulai perjalanannya di ujung utara danau dan menuju selatan ke lokasi pendaratan di pantai Uganda ketika mengalami kesulitan sekitar pukul 10.30 waktu setempat.

Populer dengan pedagang lokal, perahu dan kapal berselang-seling di danau yang menghubungkan kota-kota dan desa-desa yang terletak di pantai.

Kecelakaan relatif umum terjadi di danau Uganda, yang mencakup Danau Victoria dan Danau Edward, karena kelebihan penumpang, kurangnya pemeliharaan dan lemahnya penegakan standar keselamatan. (Antara/Reuters)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper