Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutan Terbakar, Lahan Sawit Riau Tambah 1 Juta Ha

Kementerian Kehutanan mengungkapkan saat ini ditengarai lahan perkebunan kelapa sawit di Riau mengalami penambahan seluas 1 juta hektare (ha) menyusul kebakaran hutan yang terjadi di provinsi tersebut belakangan ini.
perkebunan sawit baru di Riau bertambah 1 juta hektare
perkebunan sawit baru di Riau bertambah 1 juta hektare

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Kehutanan mengungkapkan saat ini ditengarai lahan perkebunan kelapa sawit di Riau mengalami penambahan seluas 1 juta hektare (ha) menyusul kebakaran hutan yang terjadi di provinsi tersebut belakangan ini.

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan di Jakarta, Senin (17/3/2014) menyatakan, kebakaran lahan dan hutan yang berdampak terhadap merebaknya bencana asap di wilayah tersebut ada indikasi disengaja untuk pembukaan perkebunan sawit.

"Mereka membakar hutan untuk sawit. Kami akan melakukan penyelidikan terhadap hal ini," katanya di sela resepsi Hari Bakti Rimbawan ke 31 di Gedung Manggala Wanabakti.

Menhut menyatakan, pelaku pembakaran lahan dan hutan tersebut tidak sendirian namun diindikasikan ada oknum "cukong" yang ada di belakangnya apalagi ditengarai muncul peningkatan luas lahan perkebunan kelapa sawit hingga 1 juta ha.

"Kami sudah meminta kepada aparat keamanan untuk menangkap pelaku (pembakaran hutan) maupun cukong-cukong di belakangknya dan diproses secara hukum. Bila perlu tembak di tempat," katanya.

Sementara itu, terkait merebaknya asap sebagai dampak kebakaran lahan dan hutan di Riau, Zulkifli menyatakan, dalam apel yang dilakukan dengan Presiden SBY di Pekanbaru pekan lalu disampaikan bahwa seluruh unsur baik pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun aparat siap berintegrasi menanggulanginya.

"Gubernur, bupati hingga kepala desa dan pengusaha bertekat untuk bersama-sama mencegah asap ini," katanya.

Sebelumnya saat memimpin upacara bendera peringatan Hari Bakti Rimbawan 2014 Menhut menyatakan, pembangunan kehutanan ke depan diarahkan ke pendekatan ekosentris yang menyeimbangkan manusia sebagai satu bagian dari mata rantai ekosistem yakni air, tanah, flora dan fauna.

Pihaknya juga menyatakan, pemberian akses yang luas di bidang hukum dan akses pembiayaan bagi masyarakat miskin di dalam ataupun di sekitar hutan layak dipertahankan dan diperluas kualitasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper