Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Belum Miliki Amdal, Izin Konservasi KBS Batal Turun

Kementerian Kehutanan ternyata menunda pengeluaran izin lembaga konservasi Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk Pemerintah Kota Surabaya lantaran belum memiliki analisis dampak lingkungan (Amdal).
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 18 Februari 2014  |  13:45 WIB
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, SURABAYA -  Kementerian Kehutanan ternyata menunda pengeluaran izin lembaga konservasi (LK) Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk Pemerintah Kota Surabaya lantaran belum memiliki analisis dampak lingkungan (Amdal).

Ratna Achjuningrum, Direktur Utama Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) Kebun Binatang Surabaya, mengatakan KBS sudah memenuhi berbagai macam persyaratan, tetapi yang belum lengkap adalah hasil Amdal.

"Jadi memang persyaratan itu harus dipenuhi bagaimana satwa itu sejahtera. Untuk dampak lingkungan, sebenarnya KBS tidak memberikan pencemaran justru akan jadi hutan kota," katanya di sela-sela acara penerimaan CPNS di Balai Kota Surabaya, Selasa (18/2/2014).

Ratna menjelaskan sebenarnya tim pengelola KBS pada Senin (17/2/2014) telah mendatangi Kementerian Kehutanan untuk mengambil surat izin LK tersebut.

Namun, karena beberapa persyaratan masih kurang, pihak Kemenhut pun belum mengeluarkan surat izin konservasi tersebut kepada Pemkot Surabaya.

"Sarana dan prasarana KBS kan cukup tua, jadi sedang kami perbaiki dan analisa lingkungan serta segala macam akan kami penuhi dalam waktu dekat," ujarnya.

Dia menjelaskan, proses Amdal sejatinya membutuhkan waktu 2 tahun karena harus melibatkan berbagai pihak. "Proses itu panjang, ada jangka waktunya 2 tahun, tetapi disuruh Ibu Wali Kota untuk menyelesaikan secepatnya," imbuh Ratna.

Dia melanjutkan, langkah lain yang tengah dilakukan PDTS adalah memperbaiki manajemen dan mengikutkan pelatihan para penjaga satwa dan dokter hewan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kbs kebun binatang surabaya
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top