Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei LSN: Warga DKI Minta Jokowi Urus DKI Dulu

Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan mayoritas masyarakat DKI tidak mendukung apabila Gubernur DKI Joko 'Jokowi' Widodo maju sebagai calon presiden 2014.
/JIBI
/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Nasional (LSN) menunjukkan mayoritas masyarakat DKI tidak mendukung apabila Gubernur DKI Joko 'Jokowi' Widodo maju sebagai calon presiden 2014.

Survei yang mengambil sampel sebanyak 790 responden di seluruh Jakarta ini menunjukkan 71,2% responden mengaku kurang setuju jika Jokowi maju sebagai capres 2014. Adapun, sebanyak 27,5% saja yang menyatakan setuju.

Peneliti Utama LSN Dipa Pradipta menyampaikan menguatnya pesimisme warga Jakarta terhadap kinerja Jokowi akhir-akhir ini menjadi alasan kurang disetujuinya jika mantan Walikota Solo ini maju sebagai capres 2014.

"Responden kami kebanyakan tidak puas dengan penanganan masalah banjir dan kemacetan. Mereka menginginkan Pak Jokowi mengurus Jakarta dulu sebelum maju jadi capres," katanya seusai rilis hasil survei LSN tentang Persepsi Warga Terhadap Kinerja dan Wacana Pencapresan Jokowi, Minggu (9/2/2014).

LSN mencatatkan beberapa alasan tidak disetujuinya Jokowi untuk maju capres yang disampaikan respondennya. Sebanyak 32,5% reponden yang tidak setuju menginginkan Jokowi membuktikan kinerjanya dulu hingga masa jabatannya berakhir pada 2017.

Kemudian, sebanyak 18,7% menyatakan tidak setuju karena Jokowi dianggap masih dibutuhkan untuk membenahi Jakarta. Adapun, sebanyak 12,4% menilai Jokowi belum memiliki pengalaman kepemimpinan di skala nasional, sedangkan 10,8% menganggap masih ada tokoh nasional lain yang lebih layak sebagai capres 2014.

Survei yang dilakukan oleh LSN ini dilaksanakan dalam periode 10-26 Januari 2014 dan dilakukan di lima wilayah kota Jakarta dengan tingkat margin of error sebesar 3,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hedwi Prihatmoko
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper