Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

GP Ansor Kerahkan 60.000 Banser Amankan Natal

Pimpinan Pusat Gerakan (PP GP) Pemuda Ansor akan menurunkan sekitar 50.000 orang Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu pengamanan perayanaan Natal 2013 di seluruh Indonesia.

Bisnis.com, JAKARTA -  Pimpinan Pusat Gerakan (PP GP) Pemuda Ansor akan menurunkan sekitar 50.000 orang Barisan Ansor Serbaguna (Banser) untuk membantu pengamanan perayanaan Natal 2013 di seluruh Indonesia.

Langkah Ansor menurunkan Banser tersebut sudah merupakan tugas perbantuan rutin yang dilaksanakan setiap tahun, dengan maksud memberikan rasa keamanan dan kenyamanan bagi umat kristiani dalam menjalankan ibadah sekaligus merayakan Natal.

Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor Idy Muzayyad mengatakan peran Ansor ini merupakan bentuk bantuan pengamanan yang diemban oleh aparat wenang, di samping memenuhi permintaan dari umat Kristiani dan pihak geraja agar Ansor kembali turut mengamankan perayaan Natal.

Ya kita diminta bantuan, yaa kita penuhi sepanjang kita mampu. Toh, ini juga bagian dari tugas kemanusiaan yang memang melekat dalam setiap kader Gerakan Pemuda Ansor,” kata Idy pada acara pelepasan simbolis Tim Banser untuk Pengamanan Natal 2013, di Kantor GP Ansor Jl. Kramat Raya No 65-A Jakarta, Selasa (24/12/2013).

Menurut Idy, setidaknya permintaan bantuan pengamanan kepada Ansor telah disampaikan oleh 78 gereja di Jabodetabek. Ini belum termasuk permintaan di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur, serta daerah di luar Jawa.

Di Jabodetabek, Ansor akan menurunkan 2.500 orang Banser, demikian juga jumlah yang sama di Yogyakarta. Di Banten sebanyak 500 orang Banser. Adapun di Jawa Tengah 10.000 orang Banser. Di Jawa Timur Ansor akan menurunkan sebanyak 25.000 orang Banser.

“Ini belum termasuk di luar Jawa. Secara keseluruhan kami akan turunkan sekitar 60.000 orang anggota Banser untuk pengamanan Natal.”

Rasa Aman

Lukman Hakiem, Ketua PP GP Ansor Bidang Komunikasi dan Informasi Publik, mengatakan tugas pengamanan Ansor ini juga bagian dari pengejawantahan kewajiban membangun hubungan baik dengan sesama manusia (hablum minnannas), di samping menjalankan kewajiban hubungan vertikal dengan Allah Swt (hablum minnallah).

“Sebagai umat Islam, kita tentu harus membuat umat Kristiani merasa aman dan gembira dalam merayakan Natal, sama dengan ketika kita umat Islam merasa aman dan gembira merayakan Idulfitri,” kata Lukman.

Menurutnya, pasukan Banser akan langsung bertugas mulai hari ini, Selasa (24/12/2013). Adapun penempatan dan pembagian tugasnya akan dikoordinasikan secara lebih teknis dengan aparat keamanan.

Gerakan Pemuda Ansor (disingkat GP Ansor) adalah sebuah organisasi kemasyaratan pemuda di Indonesia, yang berafiliasi dengan Nahdlatul Ulama (NU). Organisasi ini didirikan pada 24 April 1934. Ansor juga mengelola Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Ansor merupakan salah satu organisasi terbesar, dan memiliki jaringan terluas di Indonesia, di mana memiliki akar hingga tingkat desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper