Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Krisis Thailand: Yingluck Tak Yakin Ada Kudeta Militer

PM Thailand Yingluck Shinawatra mengatakan aksi protes yang memaksa dirinya turun dan meminta pemilihan umum dipercepat awal pekan ini tidak akan berujung pada kudeta militer seperti yang dialami saudara laki-lakinya Thaksin Shinawatra pada 2006.

Bisnis.com, JAKARTA—PM Thailand Yingluck Shinawatra mengatakan aksi protes yang memaksa dirinya turun dan meminta pemilihan umum dipercepat awal pekan ini tidak akan berujung pada kudeta militer seperti yang dialami saudara laki-lakinya Thaksin Shinawatra pada 2006.

“Saya tidak yakin pihak militer akan melakukan hal yang sama pada saya,” ujar Yingluck dalam keterangan singkatnya di Bangkok kemarin, sebagaimana dikutip Bloomberg, Kamis (12/12/2013).  Menurutnya, pengalaman kudeta militer di masa lalu tidak memberikan solusi apa-apa.

Para demonstran menuduh sejumlah partai yang beraliansi dengan Thaksin adalah partai yang disuap dan pemerintahan Yingluck telah salah salah dalam menangani perekonomian. Demonstran mendesak dibentuknya sebuah komisi yang berisikan “orang-orang bersih” untuk melakukan reformasi politik sebelum Yingluck menyerahkan pemerintahannya.

Yingluck membubarkan parlemen pada 9 Desember dan meminta dilakukannya pemilihan umum pada 2 Februari setelah aksi protes memasuki masa dua bulan. Yingluck mengatakan Partai Pheu Thai yang dipimpinnya belum memutuskan apakah dia akan dijadikan calon perdana menteri kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper