Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Upacara Pemakaman Mandela: Menko Kesra Akan Wakili Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mewakili pemerintah Indonesia, menghadiri upacara penghormatan kepada almarhum Nelson Mandela di FNB Stadium, Johannesburg, Afrika Selatan, hari ini, Selasa (10/12/2013).

Bisnis.com, JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mewakili pemerintah Indonesia, menghadiri upacara penghormatan kepada almarhum Nelson Mandela di FNB Stadium, Johannesburg, Afrika Selatan, hari ini, Selasa (10/12/2013).

Menkokesra mendapat tugas dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mewakili Indonesia untuk memberi penghormatan kepada almarhum. Dia terbang ke Afsel dari Jakarta, Senin malam (9/12). Dan rencananya akan kembali ke Tanah Air, Kamis (12/12/2013).

 "Saya mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia, menghadiri upacara penghormatan kepada Nelson Mandela," kata Agung, seperti dikutip dari rilis Kemenko Kesra, Selasa (10/12).

Menko Kesra menjelaskan saat menghadiri upacara penghormatan tersebut, dirinya memakai busana batik. "Saya pakai batik karena semasa hidupnya, Mandela merupakan salah satu pemimpin dunia yang suka berbusana batik."

Menurut Agung, Mandela adalah salah satu tokoh dunia yang mengagumi batik dan menghargai produk khas Indonesia itu.

Mandela wafat pada Kamis (5/12/2013) dalam usia 95 tahun, setelah menderita penyakit infeksi paru-paru, di kediamannya di Johannesburg.

Rencananya upacara pemakamannya akan diselenggarakan di rumah Mandela, dan tempat peristirahatan terakhirnya di Qunu, Provinsi Eastern Cape, pada Minggu (15/12/2013). 

 Menko Kesra menuturkan  tujuan Presiden SBY mengutusnya, karena mengingat kedekatan emosional antara pemerintah Indonesia dengan Mandela.

"Semasa hidupnya Mandela selalu membina hubungan baik dengan Indonesia. Presiden ingin memberikan apresiasi yang tinggi kepada almarhum," ungkap

Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper