Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pidato Bernanke: Bursa Tenaga Kerja Membaik, Tingkat Bunga Acuan Tetap Rendah

Gubernur Bank Sentral AS, Ben Bernanke mengatakan bursa tenaga kerja menunjukkan perbaikan berarti sejak dimulainya program pembelian obligasi dan tingkat bunga acuan kemungkinan tetap rendah setelah pembelian berakhir.

Bisnis.com, JAKARTA— Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve Ben Bernanke mengatakan bursa tenaga kerja menunjukkan “perbaikan berarti” sejak dimulainya program pembelian obligasi, dan tingkat bunga acuan kemungkinan tetap rendah setelah pembelian berakhir.

“Target untuk federal fund rate akan tetap mendekati nol untuk waktu tertentu setelah pembelian aset berakhir, kemungkinan setelah tingkat pengangguran turun di bawah ambang batas the Fed sebesar 6,5%," ujar Bernanke dalam pidatonya di depan para ekonom di Washington seperti dikutip Bloomberg, Rabu (20/11/2013).

Dia menambahkan “data yang sangat kuat” diperlukan untuk mulai menghapuskan akomodasi.

Sejumlah pejabat the Fed akan mempertimbangkan baik kemajuan kumulatif sejak pembelian berlangsung hingga ketiga kali pada September 2012 maupun  “prospek penguatan berlanjut” ,setelah mereka mengevaluasi perkiraan bursa tenaga kerj.

Meski laporan tenaga kerja agak mengecewakan namun angka pengangguran turun 0,8% selama program tersebut dan telah terjadi peningkatan tenaga kerja sekitar sekitar 2,6 juta, ujarnya.

Para pembuat kebijakan masih berdebat bagaimana memperlambat langkah pembelian obligasi. Perlambatan langkah itu menyebabkan lonjakan tingkat bunga yang bisa merusak ekspansi ekonomi yang sudah berjalan lebih dari empat tahun.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper