Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi Sulsel Tumbuh 8,32% di Topang Pertanian

Sektor pertanian menopang pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan III/2013 yang naik 8,32% (year on year) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bisnis.com, MAKASSAR - Sektor pertanian menopang pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan pada triwulan III/2013 yang naik 8,32% (year on year) dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel mencatat pertumbuhan produk domestik bruto daerah itu melampaui rerata nasional sebesar 5,62%.

Data BPS Sulsel yang dirilis hari ini, Rabu (6/11/2013), menunjukkan besaran PDRB atas dasar harga berlaku sebesar Rp49,19 triliun, naik 5,19% (q-to-q) dari triwulan sebelumnya.

"Pertumbuhan positif terjadi pada keseluruhan sektor ekonomi dengan pertumbuhan tertinggi pada sektor pertanian sebesar 10,75% dan terendah pada industri pengolahan sebesar 1,06%," kata Kepala BPS Sulsel Nursam Salam.

Secara kumulatif, sampai dengan triwulan ketiga, PDRB Sulsel tumbuh 7,54%, dengan pertumbuhan tertinggi di sektor keuangan-real estate dan jasa perusahaan sebesar 15,49%.

Sumber pertumbuhan ekonomi untuk kuartal III/2013 terbesar dari sektor pertanian sebesar 2,72% (q-to-q). Sementara itu, secara year on year penyumbang terbesar masih dari sektor perdagangan-hotel dan restoran sebesar 1,56%.

Kontribusi sektor pertanian mencapai 25,43% terhadap total PDRB, disusul sektor jasa-jasa sebesar 17,37%, dan sektor perdagangan, hotel dan restoran 17,09%.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper