Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APEC Ministerial Meeting Hasilkan 5 Pernyataan

Bisnis.com, NUSA DUA--Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan pertemuan di tingkat menteri anggota ekonomi APEC menghasilkan lima joint statement yang akan diajukan kepada pertemuan di tingkat pemimpin pada 7-8 Oktober 2013. Kelima hal tersebut

Bisnis.com, NUSA DUA--Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan pertemuan di tingkat menteri anggota ekonomi APEC menghasilkan lima joint statement yang akan diajukan kepada pertemuan di tingkat pemimpin pada 7-8 Oktober 2013.

Kelima hal tersebut antara lain advancing the promotion of cross border education cooperation (kerja sama di bidang pendidikan), emergency respons travel facilitation (skema untuk memudahkan orang dalam menanggapi bencana alam), dan promoting clean renewable and sustainable energy.

Selain itu, lanjutnya, enchancing apec combating corruption and ensuring transparency dan sustainable health care system in the asia pasific.

"Di samping itu kami juga menyepakati dua dokumen utama diantaranya APEC framework on connectivity tema yang diajukan Indonesia selama 1 tahun terakhir dan APEC multiyearplan on infrastructure development and investment juga bagian dari meningkatkan konektivitas fisik diantara ekonomi anggota," kata Marty seusai APEC Ministerial Meeting, Sabtu (5/10/2013).

Dia menambahkan pertemuan tersebut dilakukan dalam tiga format, baik bersifat pleno, breakfast meeting, dan breakout session. Pembahasan meliputi tiga subtema yakni achieving sustainable growth with equity, promoting connectivity, dan attaining the Bogor Goals.

Pertemuan kali ini dihadiri oleh 23 menteri luar negeri dan menteri perdagangan serta 14 wamenlu dan wamendag. Sekretaris Jenderal Asean dan Direktur Jenderal WTO juga hadir sebagai peninjau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper