Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lebaran Serentak: BMKG Rilis Informasi Hilal Penetapan 1 Syawal

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah dan organisasi kemasyarakatan Islam tahun ini diperkirakan akan serentak menetapkan 1 Syawal 1434 Hijriyah jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013.Pengurus Pusat Muhammadiyah sebelumnya sudah menetapkan awal Syawal 1434 Hijriyah

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah dan organisasi kemasyarakatan Islam tahun ini diperkirakan akan serentak menetapkan 1 Syawal 1434 Hijriyah jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013.

Pengurus Pusat Muhammadiyah sebelumnya sudah menetapkan awal Syawal 1434 Hijriyah jatuh pada Kamis 8 Agustus, berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal.

Nahdlatul Ulama mengisyaratkan Lebaran Idulfitri tahun ini akan bersamaan antara organisasi masyarakat Islam dengan pemerintah.

Namun demikian, NU tetap akan melakukan rukyatul hilal (melihat bulan sabit secara kasat mata) pada 7 Agustus.

"Kami menurunkan tim rukyatul hilal pada 12 lokasi, karena rukyatul hilal itu merupakan perintah syar'i yang langsung dari Rasulullah SAW,"  kata HM Sholeh Hayat, Ketua PWNU Jatim, Minggu (4/8/2013).

 

Kemungkinan besar penetapan 1 Syawal 1434 H jatuh pada 8 Agustus itu, juga sejalan dengan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang telah mengeluarkan Informasi Hilal saat Matahari terbenam pada Rabu, 7 Agustus 2013.

Informasi lebih lanjut soal Informasi Hilal BMKG tersebut, silakan klik di sini

 

JANGAN LEWATKAN:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper