Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Idulfitri 2013: Pemerintah Isyaratkan 1 Syawal Jatuh pada 8 Agustus 2013

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berharap pelaksanaan Hari Raya Idulfitri pada tahun ini dapat dilakukan secara serentak oleh umat Islam di Tanah Air.Untuk menetapkan 1 Syawal 1434 Hijriyah, Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat pada 7 Agustus

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah berharap pelaksanaan Hari Raya Idulfitri pada tahun ini dapat dilakukan secara serentak oleh umat Islam di Tanah Air.

Untuk menetapkan 1 Syawal 1434 Hijriyah, Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat pada 7 Agustus 2013.

"Sidang itsbat dilaksanakan 7 Agustus, semua ormas Islam diundang," kata Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar dalam laman Kemenag, Rabu (31/7/2013).

Dia menjelaskan jika didasarkan pada perhitungan hisab, pada hari pelaksanaan rukyatul hilal atau hari Rabu senja 7 Agustus 2013, posisi hilal berada di atas 2 derajat. Mengacu pada pengalaman tahun-tahun yang lalu, apabila hilal di atas 2 derajat, maka hilal atau bulan baru dimungkinkan akan bisa disaksikan (imkanur rukyat).

“Kecuali jika pada hari itu seluruh lokasi pemantauan hilal di Tanah Air terhalang mendung,” ujarnya.

Namun Wamenag berharap Idulfitri tahun ini akan dirayakan bersama-sama oleh seluruh masyarakat muslim Indonesia.

“Kita berharap lebaran bareng, sehingga lebih menguatkan ukhuwah Islamiyah".

Sejauh ini dua ormas Islam yakni Muhammadiyah dan Syarikat Islam Indonesia (SII) telah menetapkan Hari Raya Idulfitri 1434 Hijriyah jatuh pada Kamis, 8 Agustus 2013.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan pada 7 Agustus 2013 itu terjadi konjungsi, di mana bumi, bulan dan matahari berada pada garis lurus dengan ketinggian tiga derajat.

"Tanpa melihat namun melalui perhitungan, kami bisa memastikan 1 Syawal jatuh pada 8 Agustus," katanya.

Pimpinan Syarikat Islam Indonesia menetapkan perayaan Idulfitri 1 Syawal 1434 Hijriyah  dilakukan secara serentak pada 8 Agustus 2013, meskipun penetapan awal puasa Ramadan terjadi perbedaan.

"Kita pastikan Idulfitri 1 Syawal akan jatuh pada Kamis 8 Agustus, artinya dirayakan secara serentak," ujar M. Chalif Ibrahim, Presiden Lajnah Tanfidziyah SII.

Chalif mengatakan pimpinan Lajnah Tanfidziyah SII telah mengeluarkan pengumuman dan maklumat kepada seluruh anggota dan simpatisan, terkait dengan penetapan 1 Syawal Idulfitri tersebut.

Chalif memperkirakan seluruh umat Islam lainnya, Nahdlatul Ulama (NU) akan melaksanakan hari kemenangan Idulfitri secara bersamaan pada 8 Agustus 2013.(antara/kemenag/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper