Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Irman Gusman Siap Ikut Konvensi Partai Demokrat, Din Syamsuddin Mendukung

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan siap mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat menghadapi Pemilu Presiden 2014."Saya sudah siap mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, tetapi karena mekanisme dan

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPD RI Irman Gusman menyatakan siap mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat menghadapi Pemilu Presiden 2014.

"Saya sudah siap mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat, tetapi karena mekanisme dan tahapannya belum diumumkan oleh Komite Konvensi sehingga saya masih menunggu," katanya seusai berbuka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPD RI, di Jakarta, Senin (29/7/2013).

Menurut Irman, Komite Konvensi yang baru terbentuk belum mengumumkan mekanisme dan prosedur penyelenggaraan konvensi sehingga sampai saat ini masih pernyataan verbal.

Dia menegaskan, kesiapannya mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat didasarkan pada pengalamannya berkarir di politik mulai dari anggota MPR utusan daerah, kemudian anggota DPD selama dua periode.

Irman juga mengaku aktif di sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas) seperti Muhammadiyah dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Anggota DPD asal Sumatra Barat ini menyatakan memiliki modal sosial yang kuat serta modal kapital yang cukup.

Ketika ditanya, bagaimana tanggapannya terhadap calon peserta konvensi dari kalangan pengusaha kaya, dia menyatakan tidak gentar menghadapinya. "Untuk menjadi calon pemimpin bangsa, kriterianya bukan karena memiliki modal kuat, melainkan lebih utama modal sosial yang kuat," katanya.

Irman mencontohkan, Presiden Amerika Serikat Barack Obama tidak memiliki uang banyak, tetapi dengan modal sosial yang kuat sehingga terpilih sebagai presiden. Sebaliknya, saingan Obama, yang berlatar belakang pengusaha kaya, malah gagal terpilih.

Dari pengalaman Obama tersebut, menambah keyakinan Irman bahwa modal sosial lebih utama daripada modal finansial.

Pada kesempatan tersebut, dia menambahkan ormas keagamaan besar telah memberikan isyarat mendukungnya mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin menyatakan, dia merestui Irman mengikuti konvensi calon presiden yang akan diselenggarakan Partai Demokrat. "Sebagai teman baik dan sahabat, tentu saya memberikan restu dan dukungan kepada Irman Gusman," kata Din Syamsuddin.

Menurut Din, keinginan Irman mengikuti konvensi calon presiden tujuannya baik untuk memimpin bangsa ini sehingga perlu diberikan dukungan.

Din menegaskan, sekitar 2 bulan lalu Irman pernah menghubunginya melalui telepon mengatakan keinginannya untuk mengikuti konvensi calon presiden yang akan diselenggarakan Partai Demokrat. "Saya waktu itu mengatakan, itu langkah bagus. Silakan saja, saya akan memberikan restu," katanya.

Din menilai Irman memiliki kapasitas untuk maju sebagai calon presiden melalui mekanisme konvensi. Irman adalah Ketua DPD yang anggotanya sebanyak 132 orang, yang merupakan perwakilan daerah di seluruh Indonesia.

Setiap anggota DPD, kata Din, memiliki basis massa di daerahnya sehingga jika sekitar 80% anggota DPD mendukung Irman, tentu memiliki peluang besar untuk memenangkan konvensi calon presiden dari Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper