Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

SNMPTN: 933 Siswa Agam Lulus Melalui Jalur Akademik

BISNIS.COM, AGAM--Sebanyak 933 pelajar Kabupaten Agam, Sumatera Barat, lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 melalui jalur prestasi akademik atau undangan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 Juni 2013  |  00:41 WIB

BISNIS.COM, AGAM--Sebanyak 933 pelajar Kabupaten Agam, Sumatera Barat, lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 melalui jalur prestasi akademik atau undangan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam Fauzir mengatakan berdasarkan data yang diperoleh dari 63 sekolah sebanyak 933 siswa lulus SNMPTN 2013 melalui jalur prestasi akademik atau undangan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

"Data yang masuk ini bersifat sementara dan berkemungkinan jumlah siswa lulus SNPTN akan bertambah, karena belum semua sekolah yang mengirimkan data," ujarnya Selasa (18/6/2013).

Dia merinci ke-933 siswa ini berasal dari SLTA sebanyak 714 orang, SMK sebanyak 111 orang dan MA sebanyak 108 orang.

Sementara itu, siswa yang paling banyak diterima SNPTN berasal dari SMAN 2 Lubukbasung sebanyak 250 orang, SMAN 1 Ampek Angkek sebanyak 70 orang, SMAN 1 Tilatang Kamang sebanyak 68 orang, SMAN 1 Lubukbasung sebanyak 44 dan lainnya.

Mereka ini diterima di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia seperti, Universitas Indonesia, Universitas Andalas Padang, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Medan, Universitas Gajah Mada dan lainnya. Dia menambahka, pada 2013 sebanyak 5.011 siswa yang lulus ujian nasional dan sekitar 30% lulus UNPTN, sedangkan pada 2012, sebanyak 3.700 siswa lulus UN dan 848 siswa lulus UNPTN.

Dia menyebutkan bagi siswa yang berhasil lulus ke perguruan tinggi negeri yang berasal dari keluarga kurang mampu, akan diberi bantuan biaya untuk masuk perguruan tinggi.

Namun besaran anggaran belum ditentukan, karena masih menunggu surat keputusan (SK) bupati dan masih dalam pendataan siswa. "Saat ini sekitar 170 siswa yang mengusulkan melalui sekolah bersangkutan," tambah Fauzir. (Antara/sep)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

snmptn ptn agam
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top