Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SNMPTN 2013: Dari 9.648 Pelamar, Undiksha Singaraja Terima 1.137 Maba

BISNIS.COM, SINGARAJA-Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, menerima sebanyak 1.137 mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2013/2014 yang masuk melalu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)."Sebanyak 50% dari

BISNIS.COM, SINGARAJA-Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali, menerima sebanyak 1.137 mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2013/2014 yang masuk melalu jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Sebanyak 50% dari kuota jumlah mahasiswa baru di Undiksha pada program regular diterima melalui jalur SMPTN," kata Rektor Undiksha, Nyoman Sudiana,  di Singaraja, Rabu (29/5/2013).

Ia selaku ketua panitia penerimaan mahasiswa baru Undiksha menjelaskan, jumlah pendaftar pada jalur SMPTN mencapai 9.648 orang. Pelamar terbanyak pada program studi Akutansi Manajemen, Bahasa Inggris, Matematika dan PGSD. Sementara program studi yang kurang peminatnya adalah program studi Penjaskes dan pendidikan Seni Rupa, karena yang lolos 92 siswa dari kuota 100 kursi.

Nyoman menambahkan, Undiksha menerima sekitar 3.000-an mahasiswa baru dengan kursi tersedia untuk 44 program studi tersebar pada tujuh Fakultas dan satu program studi Pasca Sarjana.

Sementara seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2013 melalui dua jalur, yakni jalur nasional dan mandiri. Untuk jalur nasional terbagi dalam dua kategori, yakni lewat SNMPTN dengan kuota 50% dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 30%.

"Sedangkan mekanisme jalur mandiri melalui tes tertulis yang ditentukan oleh Undiksha".

Pendaftaran bagi siswa melalui SBMPTN mulai dilakukan sejak 13 Mei lalu hingga 7 Juni mendatang, dan untuk tes tertulis dilakukan 18 Juni selama dua hari di kampus Undiksha Singaraja. Khusus untuk program studi seni dan olahraga wajib mengikuti tes keterampilan pada 20 Juni selama dua hari. (antara/yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper