Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERBURUAN SATWA: 290 Badak Afsel Terbunuh Akibat Perburuan Cula

130517_cula badak (voanews.com-yus).jpgBISNIS.COM, BANGKOK-Sekitar 290 ekor badak bercula di Afrika Selatan dibunuh untuk diambil culanya sejak awal tahun ini. Pada 2012, total badak yang terbunuh akibat perburuan cula mencapai 668 ekor.

130517_cula badak (voanews.com-yus).jpg

BISNIS.COM, BANGKOK-Sekitar 290 ekor badak bercula di Afrika Selatan dibunuh untuk diambil culanya sejak awal tahun ini. Pada 2012, total badak yang terbunuh akibat perburuan cula mencapai 668 ekor.

"Kita berada di pusaran krisis perburuan badak,” ujar Mark Jones, dokter hewan di Inggris yang memimpin Humane Society International sebagaimana dikutip Inter Press Service, Jumat (17/5/2013).

Jones menambahkan pasar utama cula badak adalah Vietnam, negara di Asia Tenggara dengan jumlah penduduk mencapai 87 juta jiwa. Vietnam telah lama menjadi target utama kampanye kelompok pemantau perdagangan satwa ilegal internasional karena meningkatnya permintaan domestik atas cula badak Afrika sejak lima tahun terakhir.

Lonjakan permintaan badak ini muncul karena dipengaruhi oleh keyakinan di kalangan penduduk setempat yang menganggap cula badak berkhasiat sebagai obat, termasuk untuk mengobati kanker, mabuk dan penambah gairah seks. Cula badak juga menjadi simbol status sosial masyarakat.

Seiring peningkatan permintaan, harga cula badak di Vietnam pun meroket. Jones mengatakan satu cula dari seekor badak dapat dihargai hingga US$150.000. Satu kilogram cula rata-rata dijual seharga US$65.000. (30/yus)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Sumber : Inter Press Service
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper