Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUTING BELIUNG: 86 Rumah di Lumajang Hampir Rata dengan Tanah

BISNIS.COM, LUMAJang--Sedikitnya 86 rumah warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tercatat rusak diterjang angin puting beliung, Senin (6/5/2013) sore."Hujan deras yang disertai angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Padang yakni Desa Bodang

BISNIS.COM, LUMAJang--Sedikitnya 86 rumah warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, tercatat rusak diterjang angin puting beliung, Senin (6/5/2013) sore.

"Hujan deras yang disertai angin puting beliung menerjang dua desa di Kecamatan Padang yakni Desa Bodang dan Desa Kedawung hingga menyebabkan 86 rumah rusak ringan dan sedang," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Rochani, Selasa (7/5/2013).

Selain rumah, lanjut dia, puting beliung juga menyebabkan sejumlah fasilitas umum rusak yakni mushalla dan tempat parkir di Sekolah Dasar Negeri Bodang, Kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Padang, dan sejumlah tiang listrik roboh hingga menyebabkan listrik padam di beberapa kawasan desa setempat.

"Ujian nasional di SDN Bodang tidak terganggu karena yang rusak bukan ruang kelas, namun mushalla dan tempat parkir," tuturnya.

Menurut dia, seorang warga terluka dan mengalami patah tulang akibat tertimpa pohon yang tumbang, namun kini kondisinya sudah membaik.

"Banyak pohon yang tumbang di dua desa yang diterjang angin puting beliung dan petugas BPBD dibantu dengan masyarakat sudah memotong dan membersihkan pohon yang tumbang di tengah jalan," tuturnya.

Rochani menjelaskan BPBD terus melakukan pendataan terhadap rumah warga yang menjadi korban angin puting beliung, namun sejauh ini puting beliung hanya menerjang Kecamatan Padang saja.

"Pendataan terus kami lakukan dengan menyebar petugas BPBD untuk mengecek lokasi terjadinya angin puting beliung," ujarnya.

Data di BPBD Lumajang mencatat sejumlah kecamatan yang rawan angin puting beliung antara lain Kecamatan Padang, Gucialit, Tekung, Yosowilangun, dan Tempursari.

Rencananya Bupati Lumajang Sjahrazad Masdar bersama sejumlah pejabat akan memberikan bantuan kepada korban angin puting beliung di Kecamatan Padang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yoseph Pencawan
Editor : Others
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper