Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PRODUKSI IKAN: Kepri Cari Kapal Tangkap Minimal 200 GT

BISNIS.COM, BATAM--Hasil ikan tangkap di perairan Kepulauan Riau belum maksimal karena masih terkendala minimnya armada kapal ikan berukuran minimal 200 GT.
Chandra Gunawan
Chandra Gunawan - Bisnis.com 16 April 2013  |  15:03 WIB
PRODUKSI IKAN: Kepri Cari Kapal Tangkap Minimal 200 GT
Bagikan

BISNIS.COM, BATAM--Hasil ikan tangkap di perairan Kepulauan Riau belum maksimal karena masih terkendala minimnya armada kapal ikan berukuran minimal 200 GT.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau Raja Arizal menyebutkan saat ini armada kapal ikan nelayan di Kepri masih tergolong kecil dengan ukuran 30 GT dengan jumlah yang terbatas.

Apalagi selama ini pihaknya hanya bisa memberikan bantuan kapal ikan dengan ukuran tersebut setiap tahun.

"Armada kapal ikan Kepri terbatas, kami tidak punya kapal diatas 200 GT jadi Kepri belum bisa memaksimalkan potensi perikanan di perairan ini," paparnya usai kunjungan Komisi IV DPR RI di Batam, Selasa (16/4/2013).

Dia mengatakan setiap tahunnya rata-rata produksi ikan tangkap di Kepri hanya mencapai 360.000 ton dan budidaya hanya sekitar 130.000 ton.

Dengan memiliki armada kapal ikan yang memadai, dia memperkirakan produksi ikan tangkap di Kepri bisa mencapai dua kali lipat dari potensi yang dinilai bisa mencapai 1 juta ton pertahun.

Saat ini, dia mengatakan kapal ikan dengan ukuran 30 GT di Kepri baru mencapai 200 unit. Sementara, kapal berukuran 100 GT dimiliki pengusaha dengan jumlah sekitar 20 hingga 30 unit.

Pemprov juga pada tahun ini rencananya menyalurkan bantuan kapal ikan ukuran 30 GT sebanyak 10 unit untuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan bagi masing-masing kabupaten/kota.

"Kepri masih kecil, potensi di sini satu juta lebih," tuturnya.

Untuk meningkatkan produki ikan di kawasan ini, dia menargetkan hasil budidaya harus dua kali lipat dari biasanya. Hal itu seiring dengan keinginan provinsi ini untuk memfokuskan produksi ikan di budidaya laut.

Langkah itu termasuk keinginan membangun industri pengolahan ikan di Kepri mulai dari membangun industri hulu hingga hilir dan pemasaran.

Raja menilai sektor perikanan di Kepri belum banyak tergarap juga karena banyak pengusaha yang belum tertarik menggarap sektor itu.

"Perikanan belum bisa tergarap. Pengusaha kita juga masih belum banyak yang tertarik," katanya. Foto: Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal kepri produksi ikan
Editor : Yoseph Pencawan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top