Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Asian Games, Mobil Hidrogen Inggris Tiba di Palembang

Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menerima bantuan mobil listrik hidrogen yang diberikan Pemerintah Inggris dan mitranya sebagai dukungan untuk perhelatan Asian Games 2018 di Kota Palembang.
Gubernur Sumsel Alex Noerdin mencoba mobil listrik hidrogen yang bakal digunakan saat Asian Games di Jakabaring Sport City Palembang. Istimewa
Gubernur Sumsel Alex Noerdin mencoba mobil listrik hidrogen yang bakal digunakan saat Asian Games di Jakabaring Sport City Palembang. Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan menerima bantuan mobil listrik hidrogen yang diberikan Pemerintah Inggris dan mitranya sebagai dukungan untuk perhelatan Asian Games 2018 di Kota Palembang.

Adapun sponsor utama mobil ramah lingkungan itu adalah Serba Dinamik Group dan perusahaan penyedia teknologi mobil listrik hidrogen Ecubes Arcola serta dukungan Pemerintah Inggris.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan mobil tersebut akan melayani tamu-tamu yang hadir di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

"Ini mobil listrik hidrogen pertama di Indonesia dan mobil masa depan yang menggunakan bahan bakar hidrogen yang bersih tanpa emisi dan menjadi rencana utama energi alternatif," katanya saat mencoba mobil tersebut di Halaman Griya Agung Palembang, Jumat (17/8/2018).

Dia menambahkan keberadaan mobil hidrogen di JSC juga menunjukkan komitmen pemprov untuk mengembangkan kawasan hijau dan mengurangi polusi udara di komplek olahraga tersebut.

"Berbeda dengan mobil listrik biasa yang harus memenuhi baterai-nya berjam-jam, maka mobil listrik hidrogen cukup beberapa menit saja untuk jarak tempuh kilometer yang sama," katanya.

Alex memaparkan mobil hidrogen itu akan beroperasional selama Asian Games 2018 pada 18 Agustus sampai 2 September 2018.

Gubernur menyakini dalam 25 tahun ke depan, Sumsel akan menjadi pelopor energi terbarukan dengan menerapkan system transportasi yang ramah lingkungan tanpa emisi.

"Kehadiran mobil listrik hidrogen di Jakabaring Sport City dalam event Asian Games 2018 menjadi awal, yang akan mendorong inisiatif serupa dalam rangka mewujudkan infrastruktur energi ramah lingkungan di kawasan yang lebih luas," ujarnya.

Sementara itu, CEO Grup Serba Dinamik Dato’ Karim mengaku senang dan mendukung program yang sangat penting ini, sehingga dapat membuka pintu bagi berbagai proyek energi ramah lingkungan di Indonesia dan khususnya Sumsel, serta mendidik para insinyur menerapkan teknologi hidrogen di masa depan.

Direktur PT Serba Dinamik Indonesia Nugroho Widiyantoro menambahkan, perusahaannya sangat mendukung visi Sumsel dalam mewujudkan program energi hijau dan ramah lingkungan serta siap berkolaborasi dengan penyedia teknologi terkemuka dunia termasuk dalam hal investasi, transfer teknologi dan implementasi program.

"Kami telah mengadakan roadshow edukasi teknologi hidrogen dengan melibatkan Ecubes Arcola dan Imperial College London, salah satu universitas terbaik di dunia di bidang teknologi mobil listrik hidrogen," ujarnya.

Menurut Nugroho program itu mengedukasi 1.000 pelajar dan generasi muda Indonesia untuk membangun kesadaran tentang energi dan lingkungan bersih, merangsang inovasi dan khususnya memahami bagaimana cara kerja mobil listrik hidrogen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper