Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bentrok Polisi-Satpol PP: Polisi Serbu Balai Kota Makassar. Satu Anggota Sabhara Tewas Ditikam

Bentrok antara anggota Satpol PP Makassar dan anggota polisi di Makkasar yang bermula dari perselisihan di Anjungan Pantai Losari dan disusul penyerangan ke Balai Kota berujung pada kematian seorang anggota Sabhara dari Polrestabes Makassar yang diduga ditikak anggota Satpol PP.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, MAKASSAR - Bentrok antara anggota Satpol PP Makassar dan anggota polisi di Makkasar yang bermula dari perselisihan di Anjungan Pantai Losari dan disusul penyerangan ke Balai Kota berujung pada kematian seorang anggota Sabhara dari  Polrestabes Makassar yang diduga ditikak anggota Satpol PP.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengungkapkan rasa prihatin dan bela sungkawanya atas adanya korban akibat insiden perkelahian antara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Makassar dan anggota Sabhara Polrestabes Makassar.

"Saya atas nama pemerintah kota mengucapkan bela sungkawa sebesar-besarnya atas jatuhnya korban atas kejadian ini," ucap Danny usai meninjau kantor Balai Kota, Minggu (7/8/2016).

Korban meninggal diketahui adalah anggota Sabhara Polda Sulsel, Bripda Michael Abraham Rieuwpassa. Ia tewas saat anggota Sabhara Polrestabes Makassar dan Polda Sulsel menyerang Kantor Balai Kota Makassar.

Korban Michael tewas dengan dua tusukan di bagian pinggang kiri belakang yang diduga tusukan sangkur milik anggota Satpol PP Makassar.

Korban ditikam saat anggota Sabhara Polda dan Polrestabes Makassar memasuki kantor Balai Kota Makassar mencari anggota Satpol PP yang memicu terjadinya bentrokan.

Buntut dari penyerangan kantor Balai Kota Makassar pada Minggu dini hari sekitar pukul 00.10 Wita itu setelah adanya insiden salah paham di anjungan Pantai Losari Makassar pada Sabtu, (6/8) sekitar pukul 19.40 Wita.

Pada insiden itu, anggota Satpol PP Hadryanto berselisih paham dengan dua anggota Polrestabes Makassar Bripda Asmat dan Bripda Hendrik yang berujung perkelahian.

Namun setelah insiden itu, puluhan anggota Satpol PP yang bertugas di anjungan kemudian ditarik dari lokasi untuk menghindari bentrokan. Namun, bentrokan terjadi pada waktu dini hari setelah Polisi memasuki kantor balai kota.

Selain Michael, seorang anggota Satpol PP Kota Makassar terkena tikaman dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Situasi berangsur aman dan terkendali pada Minggu pagi. Pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari situasi di tengah Kota Makassar kacau akibat bentrokan di kedua instansi itu. Kedua belah pihak saling kejar di sepanjang Anjungan Pantai Losari. Polisi puluhan kali melepaskan tembakan.

Danny Pomanto sapaan akrab wali kota inovatif menyatakan, sangat prihatin atas kejadian ini dan sangat merasa berduka atas insiden tersebut, Dia mengaku, dengan kejadian ini pihak pemerintah kota dan TNI, Polri sepakat untuk menjaga kota Makassar agar tetap aman dan terkendali. Dan, ia pun sangat berharap eskalasi dari kejadian ini bisa redah dan tak terulang kembali.

"Insya Allah seluruh jajaran pemerintah kota dan TNI Polri betul-betul punya semangat yang satu akan menjaga kota dan terus berkoordinasi agar kota Makassar tetap aman, "l anjut Danny.

Terkait kerusakan yang terjadi di Balaikota, menurutnya hal itu bakal segera dibenahi dengan cepat.

"Kita akan benahi secepatnya kerusakan fisik di kantor balai kota. Cepat ji itu kita perbaiki nanti. Mari kita sama-sama jaga kota kita tetap aman," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper