Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KAA 2015: Indonesia-Swedia Dorong Kemerdekaan Palestina

Indonesia dan Swedia sepakat untuk mendorong upaya kemerdekaan Palestina serta meningkatkan bantuan di bidang good governance, demokrasi, HAM, dan kesetaraan gender.
Palestina/Reuters
Palestina/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - ‎Indonesia dan Swedia sepakat untuk mendorong upaya kemerdekaan Palestina serta meningkatkan bantuan di bidang good governance, demokrasi, HAM, dan kesetaraan gender.

Kesepakatan tersebut ditegaskan dalam pernyataan resmi Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Swedia, Margot Wallström seusai pertemuan bilateral di sela- sela Konferensi Asia Afrika (KAA) 2015.

Swedia adalah negara Eropa Barat dan anggota Uni Eropa pertama yang mengakui Palestina sebagai negara berdaulat pada tanggal 30 Oktober 2014. Kedua Menteri Luar Negeri menyampaikan harapan agar pengakuan Swedia atas Palestina dapat mendorong negara lain untuk mengakui Palestina.

Peringatan KAA ke-60, menurut Indonesia dan Swedia merupakan momentum yang baik bagi masyarakat internasional untuk menunjukan dukungannya kepada pemerintah dan rakyat Palestina.

Selama periode 2008-2013, Indonesia telah menyediakan 128 program dan modul pelatihan yang dimanfaatkan oleh 1.257 peserta dari Palestina, meliputi UKM, Pendidikan dan kebudayaan, pemberdayaan perempuan, SDM, good governance, pertahanan dan pengurangan kemiskinan.

Wujud lain dukungan Indonesia untuk sektor ekonomi Palestina adalah menjadi tuan rumah Conference on Cooperation among East Asian Countries for Palestinian Development (CEAPAD) ke II, pada 1 Maret 2014 untuk mendorong pengembangan sektor swasta Palestina melalui perluasan jejaring pengusaha Palestina dengan negara negara Asia Timur.‎  []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper