Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jenderal Moeldoko Ingin TNI “Big Brother” di Asean

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menginginkan agar TNI menjadi kekuatan terbesar atau Big Brother di kawasan Asean guna memajukan ketertiban kawasan di kawasan Asia Tenggara.
Panglima TNI Jenderal Moeldoko/Antara
Panglima TNI Jenderal Moeldoko/Antara

Kabar24.com, JAKARTA— Panglima TNI Jenderal Moeldoko menginginkan agar TNI menjadi kekuatan terbesar atau "Big Brother" di kawasan Asean guna memajukan ketertiban kawasan di kawasan Asia Tenggara.

"Diperlukan sebuah upaya yang kuat untuk bekerja sama antara TNI dengan tentara-tentara di kawasan, baik ASEAN ataupun Asia Pasifik," kata Moeldoko di sela-sela Rapim TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (22/12/2014).

Moeldoko mengatakan TNI sudah memiliki suatu forum antara Panglima Bersenjata di kawasan Asean. Di situ Panglima TNI membawa misi yang kuat agar TNI menjadi Big Brother di kawasan Asean.

Menurut dia, negara-negara di kawasan Asean telah mengakui kebesaran dan kekuatan TNI.

Ke depannya, jika TNI menjadi Big Brother di kawasan Asean, maka akan ada tantangan selanjutnya bagi Indonesia dan kawasan Asia Tenggara dalam menyongsong Asia Pasifik sebagai kawasan abad XXI dan pusat grativasi dunia.

Dia telah melihat perkembangan di Kawasan Asia Pasifik, salah satunya di Laut  China Selatan. Bahkan, dirinya mengaku telah berkomunikasi dengan Panglima Angkatan Bersenjata China, dan meminta agar pembangunan kekuatan China di wilayah Laut China Selatan tidak menimbulkan distabilitas di kawasan Asean.

"Ini adalah suara Panglima di Asean. Ini saya endorse ke China," tutur Moeldoko.

Terkait dengan kebijakan China tentang jalur sutera maritim, kata dia, saat ini Indonesia sedang mencari peluang dan titik singgung yang bisa memberi keuntungan baik bagi Indonesia maupun China.

"Satu sisi, Indonesia dengan poros maritim dan China memikirkan jalur sutera maritim. Di mana titik singgungnya dan kira-kira peluang dan kesempatan kita ada di mana, sehingga kebijakan itu nantinya bisa menguntungkan kedua belah pihak," tukas Panglima TNI. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

KONGRES DEMOKRAT: 95% DPD Se-Indonesia Dukung SBY Jadi Ketum

GOLKAR TERBELAH: Yorrys Tak Heran Elektabilitas Golkar Merosot Tajam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper