Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil 6 Lulusan Terbaik Adhi Makayasa di Kabinet Merah Putih Prabowo

Berikut profil 6 menteri Kabinet Merah Putih lulusan terbaik Adhi Makayasa yang dibanggakan Presiden Prabowo Subianto.
Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama jajaran Menteri dan Pejabat Setara Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024). Dok BPMI Setpres RI
Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka berfoto bersama jajaran Menteri dan Pejabat Setara Menteri Kabinet Merah Putih di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (21/10/2024). Dok BPMI Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Prabowo Subianto merasa bersyukur lantaran di Kabinet Merah Putih terdapat enam lulusan terbaik Adhi Makayasa. Dua di antaranya dari akademi kepolisian dan empat lainnya dari akademi militer.

Hal tersebut disampaikan oleh Prabowo kala dia memimpin jamuan makan malam di Kompleks Akmil Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat (25/10/2024).

“Di kabinet saya terdiri juga dari beberapa alumni dan saya bersyukur, saya beruntung, saya mendapat alumni yang terbaik yang masuk kabinet saya. Ternyata ada enam lulusan terbaik Adhi Makayasa di kabinet saya,” ujarnya.

Adapun, sosok yang dimaksud Prabowo dari akademi kepolisian adalah Tito Karnavian dan Budi Gunawan. Mereka berdua merupakan jenderal bintang empat.

“Dua dari kepolisian, saya minta berdiri. Dua-duanya jenderal bintang empat, dua-duanya mencapai puncak karier sebagai Kapolri, dua-duanya masih mengabdi kepada negara dan bangsa,” tutur Prabowo.

Kemudian, Prabowo juga meminta empat lulusan terbaik Adhi Makayasa dari akademi militer untuk turut berdiri. Empat orang tersebut adalah Herindra, Donny Ermawan, Iftitah Sulaiman, dan Agus Harimurti Yudhoyno (AHY).

Sebagai informasi, Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari setiap matra TNI dan Polri.

Profil enam lulusan terbaik Adhi Makayasa di Kabinet Merah Putih:

1. Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri)

Pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan pada 26 Oktober 1964 ini mengemban pendidikan AKABRI pada 1987.

Tito memiliki karier moncer di kepolisian. Dia pernah menduduki sejumlah posisi penting seperti Kapolda Papua, Asrena Polri, Kapolda Metro Jaya, Kepaka BNPT hingga Kapolri.

Pada 23 Oktober 2019, Tito dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju pada masa pemerintahan Presiden Jokowi periode 2019-2024. 

Adapun, saat ini di Kabinet Merah Putih Tito kembali menjadi Menteri Dalam Negeri setelah dilantik Prabowo pada Senin 21 Oktober kemarin.

2. Budi Gunawan (Menko Bidang Politik dan Keamanan)

Pria yang kerap dikenal dengan BG ini lahir di Solo, Jawa Tengah pada 11 Desember 1959. Perjalanan karier BG dimulai ketika dirinya lulus dari Akademi Kepolisian pada 1983.

Pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri dia dipercayai menjadi Ajudan Wakil Presiden (1999-2000) dan Presiden RI (2000-2004). 

Sementara itu, pada era pemerintahan Jokowi, BG menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) sejak 9 September 2016.

Adapun, saat ini di Kabinet Merah Putih BG dilantik Prabowo menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan.

3. Herindra (Kepala Badan Intelijen Negara)

Muhammad Herindra lahir pada 30 November 1964 di Magelang, Jawa Tengah. Eks Wakil Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ini lulus dari Akademi Militer pada 1987.

Kariernya di militer semakin bersinar ketika dia menduduki berbagai posisi strategis, seperti Kepala Staf Umum Tentara Nasional Indonesia dan Inspektur Jenderal Tentara Nasional Indonesia.

Adapun, saat ini di Kabinet Merah Putih Herindra mengisi posisi Kepala Badan Intelijen Negara yang sebelumnya dijabat oleh Budi Gunawan.

4. Donny Ermawan (Wakil Menteri Pertahanan)

Donny merupakan Perwira Tinggi TNI Angkatan Udara yang lulus Akademi TNI AU pada 1988. 

Pria yang sempat menjabat sebagai Sekjen Kemenhan ini juga pernah menjabat sebagai Perwira Penerbang Skadron Udara 15, Komandan Skadron Udara 15, Kadisops Lanud Iswahyudi (2008–2009), Athan RI di Brazil (2009), Paban I/Ren Spersad, Danlanud Iswahyudi (2014–2015).

Kemudian, Kas Koopsau II (2015–2017), Wakabais TNI (2017), Staf Khusus Kasau (2017–2018), Danseskoau (2018–2019), serta Pangkoopsau (2019–2020).

Adapun, saat ini Donny ditunjuk dan dilantik Prabowo untuk mengisi posisi sebagai Wakil Menteri Pertahanan di Kabinet Merah Putih.

5. Iftitah Sulaiman (Menteri Transmigrasi)

Iftitah Sulaiman Suryanagara merupakan lulusan terbaik di Akademi Milter pada 1999. Dia peraih penghargaan Bintang Adhi Makayasa yang juga dikenal sebagai pakar dalam bidang Kavaleri.

Dia menjadi anggota TNI Angkatan Darat selama 20 tahun, yakni sepanjang 1999 hingga 2019. Adapun pangkat terakhirnya adalah Letnan Kolonel. Usai pensiun, Iftitah terjun ke dunia bisnis.

Pria yang juga merupakan Politikus Partai Demokrat ini pernah manjadi Pembantu Asisten Sespri Presiden RI (2011-2015). Artinya, dia pernah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sementara itu, saat ini di Kabinet Merah Putih Iftitah dilantik Prabowo menjadi Menteri Transmigrasi.

6. Agus Harimurti Yudhoyono (Menko Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan)

Pria yang kerap dikenal dengan nama AHY ini lahir di Bandung, 10 Agustus 1978. Dia merupakan putra pertama dari pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Kristiani Herrawati. 

AHY memiliki latar belakang sebagai militer dan politisi. Sejak 2020, ia juga menjabat sebagai ketua Umum Partai Demokrat hingga saat ini. 

Pria yang kerap dikenal dengan nama AHY ini merupakan lulusan terbaik Akademi Militer pada 2000. Dia meraih Bintang Adhi Makayasa dan Pedang Trisakti Wiratama.

Pada era pemerintahan Jokowi, AHY menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). 

Adapun kini di era pemerintahan Prabowo, AHY dipercayai mengemban posisi Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper