Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-siap! Prabowo Bakal Umumkan Susunan Kabinet Malam Ini (20/10)

Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet pada Minggu malam (20/10/2024).
Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto. Dok BPMI Setpres RI
Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto. Dok BPMI Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinet pada Minggu malam (20/10/2024). 

Dasco mengungkapkan bahwa pengumuman tersebut akan dilakukan di Istana Kepresidenan. Namun, ia belum mengetahui kapan jam pasti pengumuman tersebut akan dilakukan. 

"Jam nya belum tau tapi akan diumumkan oleh presiden terpilih di istana," ungkap Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024). 

Kemudian, pelantikan Menteri dan Wakil Menteri akan dilakukan di esok harinya, pada Senin (21/10). 

"Rencananya kalau tidak ada halangan besok pagi akan pelantikan menteri. Sore harinya pelantikan wamen," pungkasnya. 

Di lain sisi, Dasco juga mengungkapkan bahwa MPR dan DPR telah memiliki persiapan yang cukup matang dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpililih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Selama beberapa hari ini, MPR dan panitia, baik dari sekretariat negara maupun dari sekjen MPR dan DPR, sudah melakukan persiapan-persiapan, dan alhamdulillah pada hari ini kita bisa sama-sama lihat bahwa sebentar lagi dengan persiapan yang cukup matang dan kita cek kemarin," tutur Dasco menjelang pelantikan Presiden dan Wapres terpilih tersebut. 

Dasco juga berharap agar pelantikan 20 Oktober 2024 hari ini, yang akan menjadi sejarah, dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana. 

"Mudah-mudahan pelantikan hari ini berjalan dengan lancar tidak kurang 1 apapun," lanjut Dasco. 

Seperti diketahui, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Keduanya resmi mengucap sumpah jabatan dan menandatangani berita acara pelantikan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019 dalam Sidang Paripurna MPR-RI yang dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024) pagi.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo dalam acara pelantikan yang turut dihadiri oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi).

Adapun, Gibran mengucapkan sumpahnya sebagai Wapres RI.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baik dan seadil-adilnyanya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujarnya. Dengan resmi menjabatnya Prabowo-Gibran, maka masa pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi berakhir.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper