Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Resmi Jadi Presiden RI, Media Asing Soroti Hal Ini

Sejumlah media asing menyoroti momen pergantian pemerintahan Indonesia dari Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto.
Presiden RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024). - Youtube Setpres RI
Presiden RI Periode 2024-2029 Prabowo Subianto saat membacakan sumpah jabatan di gedung MPR RI, Minggu (20/10/2024). - Youtube Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 pada Minggu (20/10/2024).

Pengucapan sumpah jabatan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden digelar di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta dan dipimpin oleh Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Sejumlah media asing pun turut menyoroti momen pergantian pemerintahan Indonesia dari Joko Widodo (Jokowi) ke Prabowo Subianto tersebut.

Media Bloomberg menulis pada Minggu (20/10/2024) bahwa pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI merupakan titik baru dalam kebangkitannya selama 26 tahun setelah pemecatannya dari militer atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia terkait dengan protes yang menggulingkan mendiang mantan mertuanya, Suharto.

Terpilihnya Prabowo juga menandai kembalinya seseorang yang pernah menghadapi sanksi Barat dan dua kali gagal dalam pemilu melawan presiden yang digantikannya, Joko Widodo.

Prabowo melakukan sumpah jabatan di gedung parlemen di Jakarta sekitar pukul 10:30 WIB. Setelah itu, dia menyampaikan pidato kepada negara berpenduduk lebih dari 280 juta orang.

Perubahan yang terjadi di media sosial menjelang pemilu pada bulan Februari membantu Prabowo mengubah citranya menjadi seorang kakek penyayang yang bersumpah untuk memberikan makanan gratis senilai miliaran dolar kepada para siswa. Dia juga berjanji untuk mempertahankan kebijakan ramah bisnis dari presiden yang akan keluar, yang dikenal sebagai Jokowi.

Namun tujuan paling ambisius dari Prabowo adalah mengubah Indonesia menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, dengan menetapkan target pertumbuhan tahunan sebesar 8% yang harus dicapai dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Para kritikus juga akan mengamati apakah Indonesia menghadapi kemunduran demokrasi setelah Jokowi menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk memperkuat elit politik negaranya. 

“Kepresidenan Prabowo menjanjikan perpaduan antara semangat nasionalis dan pemerintahan yang pragmatis. Gaya kepemimpinannya diharapkan lebih berwibawa dibandingkan Presiden Jokowi yang akan keluar, sehingga dapat membawa stabilitas politik yang lebih baik. Namun, ada kekhawatiran bahwa hal ini dapat mengorbankan kebebasan politik,” kata Dedi Dinarto, seorang rekan di perusahaan penasihat Global Counsel.

Prabowo mengambil alih kekuasaan dengan mewarisi perekonomian yang telah tumbuh pada tingkat stabil sekitar 5% dalam satu dekade terakhir. Namun, Indonesia masih kesulitan untuk mencapai pertumbuhan lebih dari itu. 

Untuk meningkatkan angka tersebut diperlukan upaya untuk mengatasi berkurangnya sektor manufaktur, menurunnya lapangan kerja, dan tumbuhnya perekonomian informal. Pemerintah juga harus memastikan bahwa upaya hilirisasi – meningkatkan pengolahan sumber daya alam utama seperti nikel – dapat diperluas ke komoditas lain dan menarik lebih banyak investasi asing langsung.

Sebagai menteri pertahanan pada masa pemerintahan Jokowi, Prabowo memodernisasi militer Indonesia, membeli jet tempur Rafale buatan Prancis, dan mengamankan kapal selam tambahan. Prabowo juga memprioritaskan penguatan kemitraan pertahanan dengan AS, Prancis, dan Korea Selatan.

Untuk mencapai kursi kepresidenan, Prabowo membentuk aliansi dengan Jokowi yang mencakup menunjuk putra Jokowi, Gibran Rakabuming, 37 tahun, sebagai pasangannya. Prabowo juga berjanji untuk terus membangun ibu kota negara baru yang menjadi landmark pemerintahan Jokowi di pulau Kalimantan, sebuah proyek senilai sekitar US$30 miliar yang dapat menjadi gangguan yang mahal. 

Sebagai imbalan atas kesetiaannya, Prabowo mendapatkan pendukung utama dari kelas penguasa yang berkuasa, termasuk beberapa menteri saat ini yang mungkin mempertahankan peran mereka di kabinetnya. Prabowo juga disebut mendapat konsolidasi dukungan mayoritas di parlemen sebagai bagian dari koalisi besar yang diperjuangkan pendahulunya.

“Saya harus memiliki koalisi yang besar,” kata Prabowo pada pertemuan puncak investasi bulan ini. “Nanti dibilang, ‘ya, kabinet Prabowo itu kabinet yang gemuk.’”

Untuk membantu membiayai program makan siang di sekolah senilai $29 miliar dan inisiatif baru lainnya, Prabowo telah berjanji untuk meningkatkan pendapatan pajak hingga 14%-16% dari PDB dan mengurangi pengeluaran yang boros.

Setelah menjalani wajib militer selama lebih dari dua dekade, beberapa pengamat khawatir mengenai dampak yang mungkin ditimbulkan oleh seorang presiden yang pernah dilarang bepergian ke AS karena pelanggaran hak asasi manusia bagi negara yang baru kembali menyelenggarakan pemilu terbuka pada tahun 1999.

Prabowo – yang telah lama menolak tuduhan bahwa ia melakukan pelanggaran hak asasi manusia – meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa latar belakang militernya tidak akan berpengaruh pada pengawasannya terhadap negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara. 

Pemerintahannya juga kemungkinan akan menghadapi pengawasan ketat dari para aktivis demokrasi atas dominasi dinasti politik di negara tersebut. Prabowo mewakili benang sejarah tersebut tidak hanya melalui pasangannya, namun juga sebagai mantan menantu Soeharto.

“Jika tidak ada oposisi, maka demokrasi hanya tinggal sebuah nama,” kata D. Nicky Fahrizal, peneliti di Center for Strategic and International Studies (CSIS). “Kualitas demokrasi akan menurun karena semuanya dikendalikan oleh eksekutif.”

Sementara itu, dikutip dari Reuters, Prabowo secara resmi menjadi presiden ke-8 Indonesia menggantikan Jokowi.

Prabowo, yang sebelumnya gagal mencalonkan diri sebagai presiden, diperkirakan akan memberikan pidato kepada anggota parlemen di majelis tinggi parlemen setelah pengambilan sumpah dan sebelum menuju ke istana presiden.

Dalam perjalanan menuju istana, mereka akan disambut oleh ribuan pendukung yang diperkirakan memadati jalan-jalan Jakarta yang dipenuhi poster pemimpin baru.

Prabowo dan Gibran diperkirakan berhenti di tujuh tahapan yang telah disiapkan antara parlemen dan istana, kata Nusron Wahid, salah satu ajudan Prabowo, kepada wartawan, Jumat.

Pendukung Jokowi juga diharapkan menghadiri perayaan tersebut dan mengucapkan selamat tinggal kepada pemimpin Indonesia yang akan keluar.

Setelah dua periode dan satu dekade berkuasa, Jokowi telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan bagi negara berpenduduk 280 juta jiwa ini, memimpin periode pertumbuhan ekonomi yang kuat dan pembangunan infrastruktur besar-besaran.

Namun para kritikus juga mengatakan bahwa pemerintahannya ditandai dengan meningkatnya patronase dan politik dinasti, dan mereka memperingatkan akan berkurangnya integritas di pengadilan dan lembaga negara lainnya.

Polisi dan militer Indonesia telah menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat, mengerahkan setidaknya 100.000 personel di seluruh kota, termasuk penembak jitu dan unit anti huru-hara.

Prabowo diperkirakan akan bertemu dengan pejabat asing, termasuk sekitar 20 kepala negara, pada Minggu malam di istana presiden, kata Hasan Nasbi, kepala organisasi komunikasi kepresidenan.

China mengatakan akan mengirimkan Wakil Presiden Han Zheng ke pelantikan tersebut. Delegasi dari Amerika Serikat dipimpin oleh Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield.

Selama kampanyenya, Prabowo menyatakan dirinya kepada para pemilih dan investor sebagai "kandidat berkelanjutan".

Sementara itu, mengutip Channel News Asia, Prabowo disebut sebagai seorang nasionalis yang berapi-api. Dia juga dituduh menggunakan sumber daya negara untuk membantu Prabowo dan pasangannya, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, yang berusia 37 tahun. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper