Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sah! Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI 2024-2029

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.
Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka - Dok. BPMI Setpres.
Presiden RI 2024-2029 Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI 2024-2029 Gibran Rakabuming Raka - Dok. BPMI Setpres.

Bisnis.com, JAKARTA - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Keduanya resmi mengucap sumpah jabatan dan menandatangani berita acara pelantikan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2014-2019 dalam Sidang Paripurna MPR-RI yang dipimpin oleh Ketua MPR Ahmad Muzani di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024) pagi.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ucap Prabowo dalam acara pelantikan yang turut dihadiri oleh Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi).

Adapun Gibran mengucapkan sumpahnya sebagai Wapres RI. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baik dan seadil-adilnyanya, memegang teguh UUD dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," ujarnya.

Dengan resmi menjabatnya Prabowo-Gibran, maka masa pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin resmi berakhir.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan sejumlah tamu hadir dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Tercatat, kepala negara dan setingkat kepala negara kurang lebih sekitar 33 yang terdiri dari negara Asean, negara sahabat, dan negara-negara mitra Asean sudah menyatakan diri untuk hadir.

"Tentu saja ini sebuah jumlah yang sangat besar, membanggakan, dan ini sebuah penghormatan yang amat besar bagi kita sebagai bangsa," ujarnya di Gedung Nusantara, Sabtu (19/10/1024).

Dirinya pun berharap Indonesia sebagai bangsa patut berbangga, lantaran dihormati oleh banyak negara sahabat, negara di sekitar hingga negara di kawasan ini.

Acara pelantikan Prabowo-Gibran tampak dihadiri oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wapres ke-6 RI Try Sutrisno, Wapres ke-11 RI Boediono, keluarga Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, keluarga Wakil Presiden Hamzah Haz.

Adapun, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tidak hadir dalam acara tersebut dan diwakili oleh putrinya Puan Maharani.

Mantan capres Anies Baswedan tampak turut hadir dalam acara pengambilan sumpah atau pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper