Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Panggung IKN, Titik ke-7 Pesta Rakyat untuk Meriahkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Panggung IKN akan menjadi panggun ke-7 yang disiapkan untuk memeriahkan pelantikan Prabowo-Gibran pada Minggu (20/10/2024).
Persiapan di panggung IKN di Pesta Rakyat untuk sambut pelantikan Prabowo-Gibran/Bisnis-Akbar Maulana
Persiapan di panggung IKN di Pesta Rakyat untuk sambut pelantikan Prabowo-Gibran/Bisnis-Akbar Maulana

Bisnis.com, JAKARTA - Pesta Rakyat akan digelar di sepanjang Jalan Sudirman hingga Monas, Jakarta, untuk memeriahkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2024).

Rencananya akan ada tujuh panggung di sepanjang jalan tersebut yang akan dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air. Salah satu panggung berada di Taman Pandang Istana, pintu masuk Monumen Nasional (Monas) di Jalan Silang Monas Barat Laut, Gambir, Jakarta Pusat.

Dari pantauan Bisnis di lokasi, sekitar pukul 14.15 WIB terpantau beberapa pekerja sedang sibuk memasang tenda-tenda di sekitar panggung utama.

"Ini dikerkanan mulai dini hari tadi, besok subuh harus selesai semua," kata seorang pekerja saat berbincang dengan Bisnis, Sabtu (19/10/2024).

Sementara itu di dalam kawasan Monas terlihat beberapa kendaraan TNI bersiaga. Berdasarkan keterangan salah satu petugas, jajaran TNI dan Polri disiapkan untuk pengamanan Pesta Rakyat besok.

Tidak ketinggalan, para pedagang kaki lima (PKL) juga antusias menyambut Pesta Rakyat Pelantikan Prabowo. Berada di belakang panggung yang sedang dikerjakan, mereka berkerumun berbincang tentang siapa saja artis-artis yang akan tampil besok.

Salah satu pedagang berkeluh kesah, biasanya mereka tidak diperbolehkan berjualan di area Monas. Namun bila ada acara seperti Pesta Rakyat ini, mereka bebas berjualan. Misalnya ketika 2014 Pesta Rakyat juga digelar menyambut pelantikan Jokowi.

"Ya namanya juga Pesta Rakyat, yang senang harusnya rakyat kan. Biasanya kita berdagang bawa ini aja [wadah plastik besar] dilarang Satpol PP, apalagi grobak. Tapi kalau ada Pesta Rakayat boleh, kayak dulu pelantikan Jokowi," kata salah satu pedagang.

Titik di Monas ini merupakan salah satu dari tujuh panggung yang disiapkan menyambut Pesta Rakyat pelantikan Prabowo-Gibran di sepanjang Jalan Sudirman sampai Monas.

Lokasi panggung pertama, atau panggung Sumatera berada di depan Gedung BRI Tower Jalan Sudirman yang akan diisi oleh Band Kotak dan Melody Band. 

Kemudian panggung kedua bernama Kalimantan berada di pertigaan Jalan Karet Pasar Baru Timur yang akan dimeriahkan oleh David Bayu 'Naif' dan Iis Dahlia. 

Panggung ketiga bernama Panggung Sulawesi berada di Gedung BNI Tower, tepatnya di depan Dukuh Atas, yang akan diramaikan oleh Ayu Dewi, Happy Asmara dan Oom Leo Berkaraoke featuring Bisma Kharisma. 

Untuk panggung keempat, Panggung Nusantara berada di Bundaran Hotel Indonesia yang akan dimeriahkan oleh Nella Kharisma, Ayu Ting-Ting, dan Chaplin Band. 

Panggung kelima, Panggung Jawa terletak di pertigaan depan gedung Thamrin Jaya yang akan diramaikan oleh pedangdut Via Vallen. 

Kemudian panggung keenam, bernama Panggung Papua berada di Bundaran Patung Kuda yang akan diisi oleh RAN, Mendadak Koplo, dan Kanda Brothers.

Terakhir, panggung ketujuh dengan nama Pangging IKN berada di Taman Pandang Istana, pintu masuk Monas, yang akan dimeriahkan oleh Dewa 19.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper