Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Megawati Tak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran Besok, Ini Alasannya

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengonfirmasi bahwa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak akan hadir saat pelantikan Prabowo-Gibran.
Ketua MPR RI Ahmad Muzani di Gedung Nusanatara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024). / Bisnis-Arlina Laras
Ketua MPR RI Ahmad Muzani di Gedung Nusanatara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (19/10/2024). / Bisnis-Arlina Laras

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengonfirmasi kabar bahwa Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tidak akan hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

Ahmad yang merupakan politisi Partai Gerindra itu mengatakan bahwa pihaknya sejauh ini sudah berkomunikasi kepada sejumlah Presiden-Wakil presiden yang akan hadir pada acara besok.

"Insyaallah Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Soetrisno, Boediono, dan keluarga mantan presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan wakil presiden Hamzah Haz juga akan hadir," ujarnya di Gedung Nusantara, Sabtu (19/10/2024).

Kala ditanyai lebih lanjut soal kehadiran Megawati, dia menyatakan undangan untuk Presiden ke-5 telah pihaknya sampaikan dan undangan tersebut sudah sampai ke alamat Megawati.

Namun dari keterangan yg didapatkan, ternyata Megawati baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan, napak tilas perjalanan Bung Karno ke makam Imam Bukhari dan Masjid Biru di St. Petersburg di Rusia.

"Perjalanan yang panjang dan dipugarnya makam Imam Bukhari menyebabkan ibu [Megawati] kondisinya kurang fit dan flu," ujarya.

Kondisi kesehatan Megawati yang tidak memungkinkan tersebut diungkapkan melalui pesan dari Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah.

Akan tetapi dirinya pun menginstruksikan seluruh anggota fraksi PDIP untuk hadir dan menyukseskan acara tersebut.

Dia juga meminta agar anggota fraksi tidak diperkenankan keluar negeri atau keluar kota hingga pelantikan selesai, demi mendukung acara penting itu.

"Sebagai gantinya [Megawati] telah menginstruksikan kepada seluruh anggota agar seluruhnya hadir 110 dan menyukseskan acara besok dan memerintahkan agar mereka tidak diperkenankan keluar negeri termasuk keluar kota karena wajib datang besok," paparnya.

Sebagaimana diketahui, masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma’ruf Amin akan berakhir dalam kurun sehari lagi dan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024—2029 akan digelar Minggu (20/10/2024).

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Mereka meraih kemenangan lantaran berhasil meraih 96.214.691 suara sah atau sekitar 58,6% dari total 164 juta suara sah, sehingga unggul dari pasangan Anies Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Nantinya, pelantikan akan dilaksanakan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada Minggu, 20 Oktober 2024 mulai dari pukul 10.00 WIB


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper