Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarik Suara Pekerja, Trump Janji Hapus Pajak Upah Lembur

Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump, berjanji untuk menghapuskan pajak atas upah lembur beberapa hari setelah kinerja debatnya yang goyah.
Mantan Presiden AS Donald Trump saat acara kampanye di Van Andel Arena di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat, Sabtu (20/7/2024). Bloomberg/Emily Elconin
Mantan Presiden AS Donald Trump saat acara kampanye di Van Andel Arena di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat, Sabtu (20/7/2024). Bloomberg/Emily Elconin

Bisnis.com, JAKARTA — Calon Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump berjanji untuk menghapuskan pajak atas upah lembur beberapa hari setelah kinerja debatnya yang goyah.

Mengutip Bloomberg pada Jumat (13/9/2024), pernyataan tersebut diungkapkan Trump seiring dengan upayanya mengambil kebijakan yang lebih populis, salah satunya dengan memotong pajak. 

"Kami akan mengakhiri semua pajak atas kerja lembur. Orang-orang yang bekerja lembur adalah warga negara yang bekerja paling keras di negara kita dan sudah terlalu lama, tidak ada seorang pun di Washington yang memperhatikan mereka," kata Trump dalam pidato kampanyenya di Tucson, Arizona.

Kebijakan penghapusan pajak lembur akan meningkatkan nilai penghasilan pekerja per jam setelah bekerja selama 40 jam seminggu. Hal ini berpotensi memotivasi para pekerja kerah biru yang penting bagi basis dukungannya untuk hadir dan memilihnya pada Hari Pemilihan.

Proposal tersebut muncul dua hari setelah kinerja debat Trump yang tidak stabil, yang menurut para pakar dan survei dimenangkan oleh lawannya, Kamala Harris. Banyak sekutu Trump yang mengatakan bahwa perdebatan tersebut merupakan peluang yang terlewatkan untuk fokus pada perekonomian, sebuah isu dimana jajak pendapat menunjukkan para pemilih lebih mempercayai mantan presiden tersebut dibandingkan Harris.

Selama tiga bulan terakhir, Trump terus meluncurkan rencana pemotongan pajak yang menguntungkan secara politik dan berfokus pada konstituen pemilu utama. Dia mengusulkan untuk mengakhiri semua pajak atas pendapatan tip – sebuah rencana yang dirancang untuk menarik pekerja restoran, hotel, dan kasino di negara bagian Nevada. 

Selain itu, Trump juga ingin menghapuskan semua pajak atas tunjangan Jaminan Sosial, yang akan membantu pemilih yang lebih tua.

Pemotongan pajak yang dilakukan Trump atas tip dan tunjangan hari tua memiliki daya tarik bipartisan yang luas, menurut jajak pendapat Bloomberg News/Morning Consult bulan lalu. Namun, hal ini juga mempunyai dampak yang sangat besar. 

Sebuah tinjauan Bloomberg terhadap semua proposal perpajakan Trump—termasuk usulan pengurangan tarif pajak perusahaan dan perpanjangan pemotongan pajak tahun 2017—memperkirakan bahwa hal tersebut akan menambah lebih dari US$10,5 triliun pada utang nasional dalam 10 tahun ke depan.

Trump mengatakan gagasan tidak adanya pajak atas lembur akan membantu perusahaan menarik lebih banyak pekerja dan mempertahankan mereka di tempat kerja lebih lama.

"Saya menemui beberapa ekonom, mereka yang hebat, dan saya berkata, 'Bagaimana menurut Anda?' Mereka berkata, 'Ini sungguh luar biasa.' Anda akan mendapatkan tenaga kerja baru dengan tidak adanya pajak atas kerja lembur," kata Trump.

Joseph Costello, juru bicara tim kampanye Harris, mengatakan Trump putus asa dan berusaha keras dan mengatakan apa pun untuk mencoba mengelabui orang agar memilih dia. 

Rencana mantan presiden untuk menghilangkan pajak atas tip—sebuah gagasan yang juga dianut oleh Harris—telah dikritik oleh para ekonom karena hal tersebut dapat memungkinkan pekerja dan pengusaha menghindari pajak dengan menggolongkan upah sebagai tip.

Adapun, Trump juga berjanji untuk memotong suku bunga hipotek menjadi 2%, sesuatu yang tidak dapat dia kendalikan jika dia ingin memenangkan masa jabatan kedua.

Presiden tidak menetapkan suku bunga hipotek, dan hanya memiliki pengaruh terbatas terhadap Federal Reserve AS, yang menetapkan tingkat biaya pinjaman yang menjadi dasar pinjaman rumah. The Fed dijadwalkan bertemu minggu depan dan diperkirakan akan melakukan sedikit penurunan suku bunga.

Suku bunga hipotek di AS telah turun ke level terendah sejak Februari 2023. Rata-rata pinjaman tetap selama 30 tahun adalah 6,2%, turun dari 6,35% minggu sebelumnya, kata Freddie Mac dalam sebuah pernyataan Kamis.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper