Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kode Gerindra ke Menlu Retno: Bukan Perpisahan, Nanti Kita Ketemu Juga

Sugiono berseloroh saat menganggapi salam perpisahan yang diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi./Dok. Kementerian Luar Negeri

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Komisi I DPR Sugiono berseloroh saat menganggapi salam perpisahan yang diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Politikus Gerindra itu awalnya mengapresiasi kinerja Retno yang telah menjabat sebagai menteri luar negeri selama 10 tahun belakangan ini. Ia mengungkapkan bahwa kata-kata perpisahan tidak perlu diungkapkan karena suatu saat akan bertemu kembali.

“Baru kata-kata perpisahan bu, bukan perpisahan. Nanti kita ketemu-ketemu juga lah,” kata Sugiono, Kamis (12/9/2024).

Sugiono mengakui bahwa diplomasi Indonesia dalam kurun waktu 2019-2024 bukanlah sesuatu yang mudah. Menurutnya banyak lika-liku dan gejolak yang terjadi, terutama saat masa pandemi. 

“Namun dengan kerja keras, konsistensi dan keunggulan Kementerian Luar Negeri di bawah pimpinan Ibu Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri, berhasil melakukan refocusing politik luar negeri Indonesia untuk peningkatan dan penguatan perlindungan WNI di luar negeri, terutama yang terinfeksi dan terdampak COVID-19,” pungkas Sugiono.

Tak hanya itu, lanjut dia, diplomasi kesehatan dan ekonomi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional pasca Covid-19 pun dilakukan dengan baik.

Selanjutnya, Sugiono juga mengapresiasi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) yang berhasil melakukan hal-hal realokasi dan optimalisasi anggaran Kemlu. 

“Dalam rangka mendukung pencapaian program prioritas nasional yang berfokus pada pemulihan ekonomi, diplomasi kesehatan, perlindungan dan pelayanan terhadap WNI, khususnya pekerja migran Indonesia, anak buah kapal di semua negara akreditasi. Kemudian mitigasi pandemi Covid-19, serta diplomasi yang menjaga kedaulatan dan integritas NKRI,” tegasnya.

Kemudian, Sugiono turut menyoroti dan mengapresiasi Menlu karena di bawah kepemimpinan Retno Marsudi, Indonesia berhasil menunjukkan peran dan kepemimpinannya di berbagai organisasi internasional. “Dan saya kira ini merupakan benchmark yang tinggi bagi penerus Ibu nantinya untuk bisa tetap dipertahankan dan ditingkatkan,”  kata dia.

“[Oleh] siapapun itu yang ditunjuk oleh Presiden. Kalau melihat postur yang ada di depan saya, Kementerian Luar Negeri banyak pakai kacamata dan rambutnya banyak yang putih,” canda Sugiono diiringi dengan tawa kecilnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper