Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Setelah Membaca Surat Al-Waqiah, Arab dan Latin

Berikut ini bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah lengkap dengan latin dan artinya.
Bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah sesuai anjuran Islam./Bisnis.com
Bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah sesuai anjuran Islam./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah membaca Surat Al-Waqiah, banyak umat Islam yang mengamalkan doa khusus untuk memohon keberkahan dan rezeki dari Allah SWT. Bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah ini dipercaya dapat membawa ketenangan batin dan kelapangan rezeki bagi yang rutin mengamalkannya.

Di bawah ini bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah yang bisa Anda hafalkan dan amalkan.

Surat Al-Waqiah merupakan surat ke-56 yang memiliki 96 ayat. Surat ini biasanya dibaca oleh umat muslim untuk meminta pertolongan Allah SWT.

Sebagaimana dijelaskan oleh Sayyid Alawi Al-Maliki dalam kitab Madza fi Sya'ban, halaman 34, Al-Waqiah dipercaya oleh umat muslim untuk membantu menghindari dari kefakiran dan kemiskinan.

Melansir NU Online, Surat Al-Waqi'ah merupakan salah satu surat dalam Al-Qur'an yang menggambarkan peristiwa hari kiamat dan pahala bagi orang-orang yang bertakwa.

Membaca surat Al-Waqiah diyakini dapat membawa berkah rezeki dan melindungi dari kesulitan ekonomi. Diriwayatkan Imam Baihaqi dalam sebuah hadits, dijelaskan bahwa barang siapa membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, dia akan dijaga dari kemiskinan.

سمعت رسول الله ﷺ يقول: من قرأ الواقعة كل ليلة لم يفتقر. رواه البيهقي.

Artinya: "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, dia tidak akan jatuh miskin." (HR. Baihaqi)

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Mas'ud disebutkan bahwa membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam memiliki keutamaan yang dapat mencegah kefakiran.

Namun penting untuk diingat bahwa riwayat hadits ini memiliki tingkat kelemahan, sehingga tidak dapat dijadikan dasar hukum yang kuat.

Meskipun demikian, masih diperbolehkan untuk mengamalkannya demi mendapatkan manfaatnya, meskipun riwayat hadits tersebut lemah bukan berarti haditsnya palsu.

وعن ابن مسعود رضي الله عنه قال : سمعت رسول الله يقول: من قرأ سورة الواقعة في كل ليلة ؛ لم تصبه فاقة». رواه البيهقي وإسناده ضعيف، لكنه يعمل به في الفضائل.

Artinya: "Dari Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, maka dia tidak akan tertimpa kefakiran." (HR. Baihaqi dan sanadnya dhaif, namun diamalkan untuk fadhilah amal).

Di sisi lain, dalam riwayat yang berasal dari Ibnu Mas'ud, terdapat penjelasan bahwa siapa pun yang membaca setiap malam surat Al-Waqi'ah, maka tidak akan pernah menderita kemiskinan.

Setelah membaca Surat Al-Waqiah, umat muslim juga kembali dianjurkan untuk membaca doa agar diijabah oleh Allah SWT.

Doa Sesudah Membaca Surat Al-Waqiah

Melansir dari NU Online, berikut ini doa setelah membaca Surat Al-Waqiah yang dinukil dari kitab Abwãbul Faraj karya Syekh Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki Al-Hasani.

‎اللَّهُمَّ صُنْ وُجُوْهَنَا بِالْيَسَارِ، وَلَا تُوْهِنَّا بِالْإِقْتَارِ ، فَنَسْتَرْزِقَ طَالِبِي رِزْقِكَ وَنَسْتَعْطِفَ شِرَارَ خَلْقِكَ وَنَشْتَغِلَ بِحَمْدِ مَنْ أَعْطَانَا وَنُبْتَلَى بِذَمٍ مَنْ مَنَعَنَا وَأَنْتَ مِنْ وَرَاءِ ذَلِكَ كُلِّهِ أَهْلُ الْعَطَاءِ وَالْمَنْعِ

"Allâhumma shun wujûhana bil yasâr walâ tûhinnâ bil iqtâr fanastarziqa thâlibî rizqika wa nasta’thifa syirâra khalqika wa nasytaghila bihamdi man a’thâna wa nubtalâ bi dzammi man mana’anâ wa anta min warâ-i dzâlika ahlul ‘athâ-i wal mani"

Artinya: Ya Allah, jagalah wajah kami dengan kekayaan, dan jangan lemahkan kami dengan kemiskinan sehingga kami harus mencari rezeki dari para pencari rezeki-Mu, dan minta dikasihani oleh manusia ciptaan-Mu yang berperangai buruk, dan sibuk memuji orang yang memberi kami dan tergoda untuk mengecam yang tidak mau memberi kami. Padahal, Engkau di balik semua itu adalah yang berwenang untuk memberi atau tidak memberi.

‎اللَّهُمَّ كَمَا صُنْتَ وُجُوْهَنَاعَنِ السُّجُودِ إِلَّا لَكَ فَصُنَّا عَن الْحَاجَةِ إِلَّا إِلَيْكَ بِجُوْدِكَ وَكَرَمِكَ وَفَضْلِكَ، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ ×۳

"Allâhumma kamâ shunta wujûhanâ 'anis sujûdi illa laka fa shunnâ ‘anil hâjati illâ ilaika bijûdika wa karamika wa fadhlika ya arḥamar râḥimîn (3x)"

Artinya: Ya Allah, sebagaimana Engkau menjaga wajah kami dari sujud kepada selain-Mu, jagalah pula kami dari keperluan selain kepada-Mu, dengan kedermawanan-Mu, kemurahan-Mu, dan karunia-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara semua penyayang.

اللَّهُمَّ أَغْنِنَا بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"​​​​​​​Allâhumma aghninâ bi fadl-lika ‘amman siwâka, wa shallallahu ‘alâ sayyidinâ muḥammadin wa ‘alâ âlihi wa shaḥbihi wa sallam"

Artinya: Ya Allah, cukupkanlah kami dengan karunia-Mu sehingga tidak merasa butuh kepada siapa pun selain-Mu. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada Baginda Nabi Muhammad beserta keluarganya dan para sahabatnya.

Demikian bacaan doa setelah membaca Surat Al-Waqiah yang bisa Anda hafalkan dan amalkan untuk mendapatkan banyak manfaatnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper