Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ketua Projo Buka Suara Soal Jet Pribadi Kaesang-Erina

Budi mengklaim Kaesang meminjam pesawat jet pribadi dari teman untuk perjalanan ke AS bersama sang istri.
Jet pribadi
Jet pribadi

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum Pro Jokowi (Projo) membantah adanya dugaan gratifikasi jet pribadi yang digunakan Erina Sofia Gudono dan Kaesang Pangarep saat bepergian ke Amerika Serikat (AS) pada Kamis (22/8/2024).

Budi mengklaim Kaesang meminjam pesawat jet pribadi dari teman untuk perjalanan ke AS bersama sang istri. Sayangnya, Budi tak mengungkap sosok teman Kaesang yang meminjamkan fasilitas mewah itu.

“Nggak ada [dugaan gratifikasi jet pribadi], dia kan pribadi. Nah itu jadi temannya,” kata Budi saat ditemui di Kompleks Senayan, Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Dia menjelaskan pinjaman jet pribadi itu lantaran Erina yang tengah hamil besar, sehingga membutuhkan jet pribadi.

“Pokoknya sudahlah, gini lho. Satu, istrinya Mas Kaesang itu kan hamil sudah 8 bulan, kan nggak boleh naik angkutan umum. Pesawat umum mana boleh,” ujarnya.

Untuk itu, Budi menekankan tidak adanya dugaan gratifikasi pesawat jet pribadi yang digunakan Kaesang—Erina. “Nggak bisa [dugaan gratifikasi], itu temannya kok. Sama kayak saya pinjemin kamu, teman, apalagi bukan pejabat publik,” terangnya.

Sebelumnya, geger di media sosial taipan asal Singapura pemilik Sea Limited, Gang Ye, diduga memfasilitasi jet pribadi untuk Erina dan Kaesang saat berpergian ke AS saat masyarakat Indonesia melakukan aksi demonstrasi menolak RUU Pilkada pada Kamis (22/8/2024).

Perlu diketahui, Sea Limited sendiri merupakan induk dari perusahaan e-commerce Shopee dan gim populer Garena, seperti gim Free Fire (FF).

Dugaan ini berawal dari jendela pesawat yang diunggah Erina di Instagram pribadinya dan menjadi ‘bekal’ warganet menelusuri moda transportasi yang digunakan anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Warganet pun kembali mengumpulkan satu per satu teka-teki pesawat yang digunakan Erina—Kaesang yang diduga adalah pesawat jet pribadi berjenis Gulfstream G650ER.

Berdasarkan laman resmi Federal Aviation Administration (FAA), terungkap bahwa pemilik pesawat jet pribadi Gulfstream GLF6 G650ER adalah Garena Online Private Ltd. Menariknya, pesawat jet pribadi tersebut sering parkir dan berwara-wiri di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Solo.

Dari sana, warganet mengulik perusahaan pemilik jet pribadi yang ditumpangi Erina—Kaesang itu juga satu grup dengan perusahaan sponsor salah satu klub bola di Solo, yakni gim Free Fire yang sempat terancam diblokir Kemenkominfo.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper