Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Hadapan Paus Fransiskus, Jokowi Bangga RI Punya Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

Presiden Jokowi menyinggung soal Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika saat menyambut Paus Fransiskus di Istana Negara, Rabu (4/9/2024).
Paus Fransiskus dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penyambutan di Istana Kepresidenan, Rabu (4/9/2024). JIBI/Akbar Evandio
Paus Fransiskus dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara penyambutan di Istana Kepresidenan, Rabu (4/9/2024). JIBI/Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut dengan Paus Fransiskus di Istana Negara, Rabu (4/9/2024). Jokowi mengatakan bahwa Indonesia bangga memiliki dasar negara dan semboyan bangsa yang menjadi pedoman hidup dalam bernegara, yaitu Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ima sehingga kamu dapat hidup rukun berdampingan. Semangat perdamaian dan toleransi ini yang ingin Indonesia dan Vatikan sebarkan, apalagi di gengah dunia yang makin bergejolak,” ujarnya di Aula Istana Negara, Rabu (4/9/2024).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan bahwa situasi geopolitik terus memanas lantaran konflik dan perang terus terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Palestina yang telah menelan lebih dari 40.000 korban jiwa.

Di hadapan Sri Paus, Jokowi mengaku sangat mengapresiasi sikap Vatikan yang terus menyuarakan perdamaian antara Israel dan Palestina melalui skema two state solution.

Untuk diketahui, tamu-tamu negara mulai memenuhi dan meramaikan aula Istana Negara menjelang kedatangan Paus Fransiskus di Istana Negara, Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Menurut pantauan Bisnis, sejak pukul 08.53 WIB, banyak tokoh-tokoh masyarakat, mulai dari dita besar, pengusaha, hingga pejabat mulai tiba di dalam lingkungan Istana Negara.

Semuanya terlihat menunggu kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Paus Fransiskus yang melakukan komunikasi secara dua arah terlebih dahulu di Istana Merdeka Jakarta.

Terlihat dari Kabinet Indonesia Maju (KIM), terdapat beberapa menteri koordinator yang hadir. Mulai dari Menteri Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koodinatir bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, dan Menteri Koodinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan

Kemudian, turut hadir Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono

Sementara itu, untuk tokoh lainnya juga terlihat Ketua Panitia Kedatangan Paus Fransiskus yaitu Ignasius Jonan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Kapolri Listyo Sigit Prabowo Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf.

Dari pihak pengusaha pun juga terpantau ada Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, Pendiri Barito Pacific Prayogo Pangestu, hingga Mantan Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan, dan Kemitraan Bank Dunia Mari Elka Pangestu

Anggota DPR pun juga terlihat meramaikan mulai dari Hendrawan Supratikno, Trimedya Pandjaitan, Dave Laksono, Charles Honoris, Christina Aryani.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper