Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Naik Innova Zenix ke Istana, Paus Fransiskus Disambut Upacara Kenegaraan

Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 9.35 WIB. Mobil Toyota Kijang Innova Zenix putih yang ditumpangi Paus langsung masuk ke dalam Istana.
Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga
Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (4/9/2024). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Bisnis.com, JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Umat Katolik Dunia Paus Fransiskus akhirnya tiba di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu pagi (4/9/2024). Kedatangan Paus Fransiskus disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan upacara kenegaraan.

Dilansir dari Antara, Paus Fransiskus tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 9.35 WIB. Mobil Toyota Kijang Innova Zenix putih yang ditumpangi Paus Fransiskus langsung masuk ke dalam gerbang Istana dipandu pasukan marching band dan pasukan berkuda.

Sambil duduk di kursi depan pengemudi, Innova Zenix dengan plat SVC1 itu lalu membawa Paus Fransiskus dan rombongan berkeliling kompleks Istana Kepresidenan.

Di sepanjang jalur kendaraan yang dilalui Paus Fransiskus, berdiri anak-anak berpakaian adat yang membawa bendera Merah Putih dan bendera Vatikan. Anak-anak bersorak menyambut kedatangan Paus Fransiskus di Istana Kepresidenan. 

Paus Fransiskus turun di salah satu sisi Istana Merdeka. Kepala Negara Vatikan itu langsung disambut Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, serta sejumlah menteri kabinet, di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Tidak lama setelah itu, dilaksanakan upacara kenegaraan untuk menyambut Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut.

Terlihat Ketua Panitia Kedatangn Paus Fransiskus yaitu Ignasius Jonan, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Duta Besar Britania Raya untuk Indonesia Dominic Jermey, Ketua PBNU Yahya Cholil Staquf.

Lalu ada, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani, Mantan Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan, dan Kemitraan Bank Dunia Mari Elka Pangestu, Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Thomas Djiwandono Kemudian, juga terlihat sejumlah anggota DPR seperti Hendrawan Supratikno, Trimedya Pandjaitan, Dave Laksono, Charles Honoris, Christina Aryani.

Halaman
  1. 1
  2. 2

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper