Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wamenlu Ungkap IAF Forum di Bali Bakal Dihadiri 1.500 Peserta: Tak Hanya dari Afrika

Wamenlu Pahala menjelaskan bahwa kegiatan IAF dan MST melibatkan berbagai sektor.
Wamenlu Pahala Mansury / Kemlu
Wamenlu Pahala Mansury / Kemlu

Bisnis.com, YOGYAKARTA – Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury menyampaikan bahwa bakal ada 1.500 lebih peserta dalam penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) yang akan dilaksanakan di Bali pada 1-3 September 2024.

Hal itu yang dia sampaikan saat melapor dalam Rapat Terbatas terkait Penanganan Mpox dan Persiapan Penyelenggaraan Indonesia-Africa Forum (IAF) di Kantor Presiden, Selasa (27/8/2024).

“Diperkirakan ada 1500 peserta dari berbagai negara bukan hanya Afrika saja akan hadir dan sampai saat ini sudah ada 6 kepala negara yang konfirmasi hadir dan sudah ada 6 negara lain yang indikasikan kehadiran mereka diperkirakan ada 10—12 kepala negara hadir, ada 11 menteri menteri negara Afrika akan hadir,” tuturnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, dia memerinci bahwa negara Afrika yang sudah terkonfirmasi hadir adalah Zimbabwe, Uganda, Ghana, Liberia, Iswantini, dan juga Zanzibar yang mewakili Tanzania.

Di sisi lain, Pahala menjelaskan bahwa nantinya kegiatan IAF dan MST baka menjadi forum multi stakeholder yang bukan hanya melibatkan dari para kepala negara dan menteri tetapi juga melibatkan sektor lainnya yaitu swasta dan BUMN.

Dia mengatakan bahwa target dari pemerintah mengaku bahwa terdapat perjanjian kerja sama ekonomi yang ditaksir akan mencapai Rp58 triliun.

“Kami harap bisa ditandatangani berbagai perjanjian kerja sama ekonomi diperkirakan mencapai Rp58 triliun,” ucapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa terdapat empat sektor yang akan difokuskan dalam forum tersebut, termasuk di bidang energi. Mengingat 10%  cadangan energi dunia keberadaannya berada di Afrika.

Kekayaan energi itu, kata Pahala, turut menyokong beberapa negara besar seperti China yang mengonsumsi energi yang berasal dari Afrika, termasuk Indonesia yang hingga 20—25% melakukan import crude oil atau minyak mentah yang berasal dari Afrika khususnya Nigeria.

Selain Energi, Pahala memerinci sektor lainnya adalah ketahanan pangan baik itu produksi pangan dan juga edible oil ke Afrika. Pasalnya, pemerintah berharap mampu mengembangankan ketahanan pangan. Mengingat beberapa negara dari Afrika Utara memiliki cadangan besar untuk fosfat yang diperuntukan untuk bahan baku pupuk NPK.

Selanjutnya, dia menyebut sektor kesehatan juga akan menjadi pembahasan, sebab Indonesia  Indonesia sudah mengekspor kurang lebih 1 miliar dosis vaksin dari negara Afrika. Harapannya, kerja sama ini juga membuka kesempatan untuk diversifikasi produk ekspor khususnya di sektor kesehatan.

Terakhir, Pahala mengatakan bahwa di sektor pertambangan, pemerintah berharap bisa membuka hubungan sentra produksi bahan bahan mengenai kendaraan listrik ataupun baterai. Apalagi sebagian bahan mineral untuk baterai itu keberadaannya cukup besar di Afrika seperti cobalt lithium graphite.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper