Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Surya Paloh Kirim Sinyal Gabung KIM Plus, Nasdem Tinggalkan Anies di Jakarta?

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkap posisi partainya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Jakarta.
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh / BISNIS - Akbar Evandio
Ketum Partai Nasdem Surya Paloh / BISNIS - Akbar Evandio

Bisnis.com, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengungkap posisi partainya dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Jakarta. 

Dia menyebut partainya kemungkinan besar akan ikut mendukung bakal pasangan calon yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM). 

"Saya pikir itu [Nasdem ikut KIM] sudah jelas," ungkapnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2024). 

Untuk diketahui, sebelumnya Nasdem sempat mendeklarasikan dukungan ke mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk maju lagi di Pilkada 2024. Namun, belakangan Nasdem mencabut dukungannya. 

Padahal, pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Nasdem tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan dengan PKB dan PKS mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskadar. 

Surya pun enggan mengungkap apabila Nasdem akan kembali mendukung Anies jika partai lain mendukungnya. Misalnya, PDI Perjuangan (PDIP) yang menyebut Anies masuk ke dalam bursa bakal calon gubernur Jakarta yang berpotensi diusung. 

"Kita hargai itu [PDIP mengusung Anies]. Kita belum tahu sampai ke situ [ikut mendukung]," katanya. 

Pada kesempatan yang sama, pemilik Media Group itu menyebut Anies bakal sulit maju di Pilkada Jakarta. Meski demikian, dia menilai Anies masih menjadi sahabat Nasdem.

Surya mengakui, Nasdem tidak bisa sendiri mengusung Anies di Jakarta. Dia perlu dukungan partai lain agar membentuk koalisi. 

"Supaya ini harus ada kelengkapan, jadi saling melengkapi, saling pengertian, saya berpikir positif semuanya tentu berpikir bagaimana yang terbaik ya yang bisa diberikan parpol dalam peran bersama," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper