Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Golkar Gelar Pleno, Berikut Proses dan Kisi-Kisi Rapat

Ketua DPP Partai Golkar Meutya Viada Hafid menjelaskan mengenai proses rapat Pleno yang berfokus pada agenda pembacaan surat pengunduran diri Ketum Airlangga.
Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep / JIBI/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza
Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep / JIBI/Bisnis-Reyhan Fernanda Fajarihza

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPP Partai Golkar Meutya Viada Hafid menjelaskan mengenai proses rapat Pleno yang berfokus pada agenda pembacaan surat pengunduran diri Ketua Umum Airlangga Hartarto, penentuan PLT Ketua Umum (Ketum) hingga jadwal Munas. 

Meutya menuturkan bahwa prosesi akan dimulai dengan makan malam dan kemudian akan dilanjutkan dengan beberapa agenda utama. 

“Yang pertama adalah pembacaan surat pengunduran diri pak Airlangga Hartarto, nanti disahkan di sini, dan itu menjadi de jure pak Airlangga telah berhenti secara de jure. Kedua penentuan jadwal rakernas kemudian penentuan munas dan lain lain nanti melihat perkembangan tapi fokus pada poin utamanya tadi,” jelasnya di Kantor DPP Partai Golkar, Selasa (13/8/2024). 

Lanjutnya, ia mengatakan bahwa rapat ini dihadiri oleh seluruh anggota pleno, dengan kurang lebih sebanyak 300 anggota yang akan hadir. Ia juga menuturkan bahwa sudah terdapat hilal musyawarah mufakat. 

Proses pleno akan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus. 

“Insya allah sudah kita capai untuk musyawarah mufakat lalu akan dipimpin plt ketum yang sudah dipilih untuk menentukan jadwal rapimnas, jadwal munas, dan lain-lainnya,” pungkasnya. 

Ia kemudian juga menuturkan bahwa keputusan soal munas juga diharapkan dapat diumumkan pada hari ini. 

Sebelumnya, secara terpisah, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Adies Kadir mengatakan bahwa nama Plt Ketum mengerucut pada Agus Gumiwang Kartasasmita (AGK). 

"Ya, kalau yang mau, kita kan susah juga kan kalau kita kumpul-kumpul, ini malu-malu semua mau ngomong kan, tapi sementara ini ya mengerucut ya Pak AGK, Agus Gumiwang Kartasasmita itu mengerucut ke sana," pungkasnya kala ditemui di kantor DPP Golkar, Jakarta, Selasa (13/8/2024).

Namun, menurutnya hal ini juga bergantung pada keputusan anggota lainnya, sehngga AGK masih belum tentu menjadi Plt Ketum. 

“Kita kan nggak tau yang lain-lain, kalau ketemu ya Pak AGK, kalau diam-diam ini kan kita belum tau juga,” pungkasnya. 

Secara terpisah, ketua DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Dave Laksono menuturkan bahwa Plt. Ketua Umum Golkar berinisial 'A', pengganti Airlangga Hartarto, akan diumumkan malam hari ini, Selasa (13/8/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper