Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bacaan Doa Qunut Subuh Pendek Arab, Latin, dan Artinya

Berikut bacaan doa qunut subuh pendek yang dilengkapi dengan arti dan tata cara membacanya.
Bacaan doa Qunut Subuh versi pendek lengkap dengan artinya./Bisnis.com
Bacaan doa Qunut Subuh versi pendek lengkap dengan artinya./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Bacaan Doa Qunut Subuh merupakan salah satu doa yang sering dibaca oleh umat Islam dalam sholat Subuh. Berikut ini adalah bacaan Doa Qunut Subuh pendek lengkap dalam tulisan Arab, Latin, dan artinya untuk mempermudah Anda dalam menghafal dan memahami makna dari doa tersebut. 

Doa qunut dibaca saat melakukan salat Subuh. Hukum membaca doa qunut adalah sunnah.

Bacaan doa qunut subuh pada mulanya dianjurkan oleh Imam Syafi’i, yang dibaca pada rakaat kedua setelah selesai membaca tahmid pada saat I’tidal (berdiri tegak seperti posisi semula setelah melaksanakan ruku’) dan sebelum ruku'.

Doa qunut dibaca dengan menengadahkan kedua tangan ke atas.

Melansir NU Online, terdapat beberapa hadits yang menjadi dasar argumentasi Imam Syafi’i dan pengikutnya menganjurkan membaca doa qunut saat sholat Subuh. 

“Dari Muhammad bin Sirin, berkata: “Aku bertanya kepada Anas bin Malik: “Apakah Rasulullah Saw membaca qunut dalam salat Subuh?” Beliau menjawab: “Ya, setelah ruku’ sebentar.” (HR Muslim, Hadits nomor 1578). 

Bagi yang belum terbiasa dan belum hafal, bisa membaca doa qunut dalam versi pendek. Berikut bacaannya, lengkap dengan artinya.

Doa Qunut Subuh Pendek

 للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ  

Latin: "Allahummah dinii fii man hadairs, wa' aafiinii fii man' aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maaa'thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa' alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wata'aalaits"

Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang memberi hukuman dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan aku dan Maha tinggi Engkau”

Manfaat Membaca Doa Qunut Subuh

Dalam melaksanakan dan membaca doa Qunut Subuh, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya:

  • Mencari Petunjuk: Doa qunut subuh dapat membantu umat Muslim mencari petunjuk dari Allah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Perlindungan Dunia dan Akhirat: Dengan membaca doa qunut subuh, umat Muslim berharap mendapatkan perlindungan dari Allah baik di dunia maupun di akhirat.
  • Terhindar dari Penyakit: Salah satu manfaatnya adalah untuk terhindar dari penyakit, baik fisik maupun hati, yang dapat mengganggu kesehatan dan ketenangan jiwa.
  • Meningkatkan Khushu' (Khusyu'): Doa qunut juga membantu umat Muslim untuk meningkatkan khushu' atau khusyu', yaitu ketenangan batin dan konsentrasi yang dalam saat beribadah.

Dengan memahami bacaan doa Qunut Subuh dan melaksanakan Qunut Subuh dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, umat Muslim diharapkan dapat meraih manfaat spiritual dan keberkahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Demikian bacaan doa Qunut lengkap dan doa Qunut pendek yang disertai dengan artinya. Anda bisa membaca doa tersebut saat sholat Subuh. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper