Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Pengganti Doa Qunut Sholat Subuh Pendek Mudah Dihafal

Berikut 3 bacaan doa pendek yang bisa dijadikan penggenati doa qunut saat salat subuh.
Bacaan doa pengganti Qunut Subuh yang bisa Anda hafal dengan mudah. Bacaan doa Qunut Subuh versi lengkap dan pendek yang bisa dibaca saat sholat Subuh untuk mendapatkan banyak manfaat./Bisnis.com
Bacaan doa pengganti Qunut Subuh yang bisa Anda hafal dengan mudah. Bacaan doa Qunut Subuh versi lengkap dan pendek yang bisa dibaca saat sholat Subuh untuk mendapatkan banyak manfaat./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sholat Subuh, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa Qunut. Qunut adalah doa sunah menurut Mazhab Syafi’I dan Maliki. Namun, banyak orang yang merasa kesulitan untuk menghafal bacaan panjang doa qunut tersebut. Oleh karena itu, terdapat beberapa doa pengganti Qunut Subuh yang lebih pendek dan mudah dihafal.

Di bawah ini terdapat tiga doa pengganti Qunut Subuh yang bisa diamalkan dalam sholat Subuh. Ketiga doa ini tidak hanya mudah dihafal, tetapi juga tetap memenuhi syarat dan keutamaan berdoa dalam sholat Subuh.

Bila sholat subuh dikerjakan secara berjamaah, imam dianjurkan untuk mengeraskan suara saat membaca doa Qunut subuh ini.

Bacaan Qunut merupakan doa yang mengandung beberapa makna. Mulai dari memohon petunjuk, ungkapan syukur, memohon hidayah, memuji keagungan Allah SWT sekaligus bersalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Adapun keutamaan membawa doa Qunut yakni akan mndapatkan perlindungan dan keselamatan dari Allah. Membawa Qunut juga membuat muslim mendapatkan berkah di setiap langkahnya.

Bacaan Pengganti Doa Qunut Sholat Subuh

Bagi umat muslim yang tidak hafal doa Qunut, dapat menggunakan alternatif doa lainnya. Pengganti doa Qunut ini juga bisa dibaca oleh umat musli saat lupa, ketika sedang mengerjakan salat Subuh.

Melansir dari an-nur.ac.id, berikut 3 bacaan doa pengganti doa qunut yang bisa dibaca:

1. Doa Rabbana

Doa ini terdiri dari 40 ayat Al-Quran yang diawali dengan kata Rabbana (Ya Tuhan kami). Salah satu doa yang bisa dibaca yakni:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin: "Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan waqina ‘adhaban-nar"

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa api neraka".

2. Doa Istiftah

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالى جَدُّكَ وَلا إِله غيرُك

Bacaan Latin: "Subhanakallahumma wa bihamdika wa tabarakasmuka wa ta’ala jadduka wa la ilaha ghairuk"

Artinya: "Maha Suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu, dan Maha Berkat nama-Mu, dan Maha Tinggi kebesaran-Mu, dan tidak ada tuhan selain Engkau".

3. Doa Ma’tsur

Doa ini adalah doa yang bersumber dari Al-Quran atau hadits Nabi SAW. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk berbagai hal, seperti perlindungan dari syirik, kesesatan, kejelekan, fitnah, dan lain-lain.

اللّهُـمّ إِنّي أعـوذُ بِك مِنْ عِلْـم لا ينْفـع، ومِنْ قلْـب لا يخْشـع، ومِنْ نفْـس لا تشْـبع، ومِنْ دعـوة لا يُسْتجابُ لها

Bacaan Latin: "Allahumma inni a’udzu bika min ‘ilmin la yanfa’u wa min qalbin la yakhsha’u wa min nafsin la tasyba’u wa min da’watin la yustajabu laha"

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyu’, dari nafsu yang tidak pernah puas, dan dari doa yang tidak dikabulkan".

Bacaan Doa Qunut

Berikut bacaan doa qunut subuh:

"Allahummahdini fii man hadait, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fii man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qini syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit"

Bacaan Qunut Latin: "Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa ma qudhaiit, astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyi wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallam".

Artinya: "Ya Allah, berikan aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku Kesehatan seperti orang-orang yang telah Engkau beri Kesehatan. Pimpinlah aku Bersama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berikan berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin".

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah engkau beri kekuasaan. 

Hukum Sholat Subuh Tidak Membaca Qunut

Hukum sholat Subuh tanpa membaca doa qunut telah dijelaskan oleh beberapa ulama, yang mana doa Qunut dalam sholat Subuh adalah sunnah muakkad. Dalam hal ini artinya sangat dianjurkan tetapi tidak wajib.

Imam An-Nawawi dalam Kitab al-Adzkar menyebutkan bahwa membaca doa Qunut saat sholat Subuh hukumnya sunnah muakkad. Oleh karena itu, tidak membacanya tidak membatalkan sholat Subuh, tetapi mengurangi kesempurnaannya.

Ustaz Adi Hidayat juga menjelaskan bahwa membaca doa qunut adalah sunnah, bukan wajib. Jika seseorang tidak membaca doa qunut, sholat Subuhnya tetap sah. Dalam kasus tidak membaca doa qunut, disarankan untuk melakukan sujud sahwi, baik sengaja meninggalkan atau tidak.

Demikian informasi lengkap mengenai bacaan doa pengganti Qunut Subuh yang bisa Anda hafal dan amalkan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper