Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Qunut Subuh Versi Panjang dan Pendek dengan Artinya

Berikut ini bacaan doa qunut saat salat subuh dengan latin dan terjemahannya. Lengkap dengan dua versi, bacaan doa qunut subuh versi lengkap dan pendek.
Bacaan doa qunut subuh versi lengkap dan pendek yang bisa dibaca saat sholat subuh untuk mendapatkan banyak manfaat./Bisnis.com
Bacaan doa qunut subuh versi lengkap dan pendek yang bisa dibaca saat sholat subuh untuk mendapatkan banyak manfaat./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Membaca doa Qunut sholat subuh merupakan sunnah yang bisa dilakukan umat muslim. Bacaan doa qunut subuh pada mulanya dianjurkan oleh Imam Syafi’i. Pahami doa qunut sholat subuh versi panjang dan pendek berikut ini agar mendapat pahala berlimpah.

Doa Qunut biasanya dibaca pada rakaat kedua setelah selesai membaca tahmid pada saat I’tidal (berdiri tegak seperti posisi semula setelah melaksanakan ruku’) dan sebelum ruku'. Doa qunut dibaca dengan menengadahkan kedua tangan ke atas.

Melansir NU Online, terdapat beberapa hadits yang menjadi dasar argumentasi Imam Syafi’i dan pengikutnya menganjurkan membaca doa qunut saat sholat Subuh. 

“Dari Muhammad bin Sirin, berkata: “Aku bertanya kepada Anas bin Malik: “Apakah Rasulullah Saw membaca qunut dalam salat Subuh?” Beliau menjawab: “Ya, setelah ruku’ sebentar.” (HR Muslim, Hadits nomor 1578). 

Doa Qunut Subuh Panjang

Berikut ini bacaan doa Qunut latin, Arab, dan arti doa Qunut 

 اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ  

"Allahummahdinii fîi man hadait, waafini fîi man‘afait, wa tawallanii fîi man tawallait, wa baariklii fîii maa ‘ thait, wa qinii syarra maa qadhait, fa innaka taqdhii wa laa yuqdha ‘ alaik, wa innahuu laa yazillu man waalait, wa laa ya‘izzu man ‘ aadait, tabaarakta rabbanaa wa ta‘aalait, fa lakal hamdu a’laa maa qadhait, wa astagfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallahu ‘ alaa sayyidinaa muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘ alaa aalihi wa shahbihi wa sallam"

Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa- apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang memberi hukuman dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan aku dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampunan dari Engkau dan aku bertobat kepada Engkau.( Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera untuk junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya”.   

Doa Qunut Subuh Pendek

Selain bacaan doa Qunut lengkap yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa membaca doa Qunut subuh versi pendek yang berbunyi: 

 للّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ  

"Allahummah dinii fii man hadairs, wa' aafiinii fii man' aafaits, wa tawallanii fii man tawallaits, wa baarik lii fii maaa'thaits, wa qi nii syarra maa qadlaits, fa innaka taqdli wa laa yuqdlaa' alaik, wa innahuu laa yadzillu mau waalaits, tabaarakta rabbanaa wata'aalaits"

Artinya: “Ya Allah, berikanlah petunjuk kepada aku sebagaimana mereka yang telah Engkau beri petunjuk. Dan berilah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkahan kepadaku pada apa-apa yang telah Engkau karuniakan. Dan selamatkanlah aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang memberi hukuman dan bukan terkena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan aku dan Maha tinggi Engkau”.

Waktu Pelaksanaan Qunut Subuh

Qunut dalam sholat subuh dilakukan pada saat memasuki rakaat kedua. Lebih spesifik, doa qunut subuh dibaca setelah iktidal, yaitu pada saat masih berada dalam posisi berdiri setelah membaca bacaan iktidal.

Dengan demikian, qunut subuh dilaksanakan saat awal rakaat kedua sholat subuh, sebelum melakukan rukuk dan sujud.

Jadi, ketika memulai rakaat kedua sholat subuh, setelah membaca takbiratul ihram dan bacaan Al-Fatihah, kemudian qunut dibaca sebelum melakukan rukuk. Ini merupakan momen yang tepat untuk membacakan doa qunut, sebelum melanjutkan sholat dengan gerakan-gerakan berikutnya.

Dengan menjalankan qunut pada waktu yang telah ditentukan ini, umat Muslim dapat mengikuti tata cara sholat subuh sesuai dengan ajaran Islam, yang mengatur waktu dan tata cara pelaksanaan setiap ibadah sholat dengan detail dan kepatuhan.

Manfaat Membaca Doa Qunut Subuh

Dalam melaksanakan dan membaca doa Qunut Subuh, Anda akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya:

  • Mencari Petunjuk: Doa qunut subuh dapat membantu umat Muslim mencari petunjuk dari Allah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
  • Perlindungan Dunia dan Akhirat: Dengan membaca doa qunut subuh, umat Muslim berharap mendapatkan perlindungan dari Allah baik di dunia maupun di akhirat.
  • Terhindar dari Penyakit: Salah satu manfaatnya adalah untuk terhindar dari penyakit, baik fisik maupun hati, yang dapat mengganggu kesehatan dan ketenangan jiwa.
  • Meningkatkan Khushu' (Khusyu'): Doa qunut juga membantu umat Muslim untuk meningkatkan khushu' atau khusyu', yaitu ketenangan batin dan konsentrasi yang dalam saat beribadah.

Dengan memahami bacaan doa Qunut Subuh dan melaksanakan Qunut Subuh dengan penuh keikhlasan dan keyakinan, umat Muslim diharapkan dapat meraih manfaat spiritual dan keberkahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Demikian bacaan doa Qunut lengkap dan doa Qunut pendek yang disertai dengan artinya. Anda bisa membaca doa tersebut saat sholat Subuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper