Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9 Doa Mustajab untuk Segala Hajat Agar Diijabah Allah SWT

Berikut 4 doa mustajab yang bisa dibaca oleh umat muslim, agar diijabah oleh Allah SWT
Umat Isalam membaca surah Yasin saat melaksanakan ibadah pada malam Nisfu Syaban 15 Syaban 1444 Hijriah di Masjid Agung Al Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023). Bagi umat Islam malam Nisfu Syaban merupakan momen istimewa menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa memohon ampun, dan mengisi dengan berbagai amal. ANTARA FOTO/Suwandy
Umat Isalam membaca surah Yasin saat melaksanakan ibadah pada malam Nisfu Syaban 15 Syaban 1444 Hijriah di Masjid Agung Al Barkah, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/3/2023). Bagi umat Islam malam Nisfu Syaban merupakan momen istimewa menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, berdoa memohon ampun, dan mengisi dengan berbagai amal. ANTARA FOTO/Suwandy

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kehidupan sehari-hari, doa merupakan salah satu cara umat manusia untuk berkomunikasi dengan Tuhan, memohon bimbingan, pertolongan, dan berkah. Artikel ini menyajikan kumpulan doa mustajab yang diyakini memiliki kekuatan besar untuk mengubah keadaan dan menghadirkan ketenangan batin.

Dengan membaca dan mengamalkan doa-doa mustajab berikut ini, diharapkan Anda dapat merasakan kedekatan dengan Sang Pencipta serta mendapatkan kekuatan dan ketenangan dalam menghadapi berbagai tantangan hidup.

Dalam sebuah riwayat hadis, terdapat 3 doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Yakni doa orang tua untuk anaknya, doa orang yang berpuasa, dan doa musafir.

وعن أنس بن مالك رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ثلاث دعوات لا ترد: دعوةالوالد، ودعوة الصائم، ودعوة المسافر

Artinya: "Tiga orang yang tidak akan tertolak (doanya), yaitu: doa orang tua bagi anaknya, doa orang yang berpuasa, dan doa musafir. (HR Al-Baihaqy)."

Adapun menurut hadits riwayat Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersadba,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم قَالَ ‏ "‏ ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لاَ شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِوَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: "Ada tiga macam doa yang pasti diterima tanpa ragu lagi, yaitu: doa bapak, doa musafir, dan doa dari orang yang teraniaya. (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Turmudzi)".

Doa Mustajab yang Dikabulkan Allah SWT

1. Doa Mohon Kebaikan Dunia Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Latin: "Rabbana atinaa fiiddunyaa hasanah wa fil akhirati hasanah, waqinaa adzaabannaar"

Artinya: "Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201).

2. Doa Orang Tua untuk Anak

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُسْلِمَةً لَكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Latin: "Rabbana waj'alna muslimaini laka wa min dzurriyyatinaa ummatan muslimatan laka wa arina manasikana watub alaina, innaka antat-tawwabur-rahim"

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah kamu berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) diantara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kami cara dan tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. "(QS Al Baqarah: 128).

3. Doa Musafir

Dikutip dari buku Fiqih Sunnah 2, Ibnu Abbas ra. berkata bahwa Rasullah SAW membaca doa ini ketika hendak melakukan perjalanan:

اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الظُّبْنَةِ فِي السَّفَرِ وَالْكَابَةِ فِي الْمُنْقَلَبِ، اللَّهُمَّ اطْوِ لَنَا الْأَرْضَ وَهَوِّنْ عَلَيْنَا السَّفَرَ.

Latin: "Allâhumma anta ash-shahibu fi as-safari, wal-khalifatu fil-ahli. Allâhumma innî a'ûdzu bi-ka min adh-dhubnati fi as-safari wal- ka'abati fil-munqalabi. Allâhumma ithwi la-nâ al-ardha wa hawwin 'alainâ as-safar"

Artinya: "Ya Allah, Engkau Teman dalam perjalanan dan Pengganti dalam (menjaga) keluarga. Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari teman-teman yang buruk dalam perjalanan dan kesedihan setelah kembali. Ya Allah, dekatkanlah bumi bagi kami dan mudahkanlah perjalanan kami".

4. Doa Ketatapan Hati

يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ ثَبِّتْ قَلْبِى عَلَى دِينِكَ

Latin: "Ya muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘alaa diinik"

Artinya: "Wahai Dzat yang Maha Membolak-balikkan hati, teguhkanlah hatiku di atas agama-Mu)."

5. Doa Diberi Keteguhan Iman

Latin: "Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idh hadaytanaa wa hab lanaa milladunka rahmah, innaka antal wahhaab."

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau memberi petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu; karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi".

6. Doa Agar Husnul Khatimah

Latin: "Allahumma inni as'aluka husnal khaatimah."

Artinya: "Ya Allah, aku memohon kepada-Mu husnul khatimah".

7. Doa Mohon Perlindungan

Latin: "A'udzu bikalimaatillaahit-taammaati min sharri maa khalaq."

Artinya: "Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk-Nya".

8. Doa Memohon Ampunan pada Allah

Latin: "Rabbighfir lii waliwaalidayya walilmu'miniina yawma yaquumul hisaab"

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku, kedua orang tuaku, dan orang-orang mukmin pada hari perhitungan".

9. Doa Agar Dipelihara dari Siksa Neraka

Latin: "Rabbana ashrafnaa wa illam taghfirlanaa watarhamnaa lanakuu nanna minal khaasiriin"

Artinya: "Ya Tuhan kami, kami telah menganiaya diri kami sendiri; jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi"

Cara agar Doa Cepat Dikabulkan Allah SWT

1. Memilih Waktu yang Tepat

Berdoalah pada waktu-waktu mustajab seperti sepertiga malam terakhir, saat berbuka puasa, dan antara adzan dan iqamah. Rasulullah SAW bersabda, "Pada malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang Muslim memohon kepada Allah suatu kebaikan dari urusan dunia dan akhirat bertepatan dengan waktu itu, melainkan Allah akan memberikannya kepadanya" (HR. Muslim)

2. Menghadap Kiblat dan Berwudhu

Saat berdoa, disarankan untuk menghadap kiblat dan dalam keadaan suci. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Tuhanmu malu terhadap hamba-Nya apabila hamba itu mengangkat kedua tangannya kepada-Nya dan Dia tidak memberikan sesuatu apa pun ke dalam kedua tangan itu" (HR. Tirmidzi)

3. Memulai dengan Memuji Allah dan Bersalawat kepada Nabi

Sebelum menyampaikan permintaan, mulailah doa dengan memuji Allah dan bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Rasulullah SAW bersabda, "Setiap doa terhalang hingga dibacakan shalawat kepada Nabi" (HR. Tirmidzi)

4. Mengikhlaskan Niat dan Berdoa dengan Keyakinan

Doa harus ikhlas hanya kepada Allah SWT dan disertai dengan keyakinan bahwa doa tersebut akan dikabulkan. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu" (QS. Ghafir: 60)

4. Menghindari Makanan dan Minuman Haram

Mengonsumsi makanan dan minuman yang halal merupakan salah satu syarat agar doa dikabulkan.

Rasulullah SAW bersabda, "Seorang laki-laki yang melakukan perjalanan panjang, berantakan rambutnya, penuh debu, ia mengangkat tangannya ke langit dan berkata: 'Ya Rabb, Ya Rabb,' padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan ia dikenyangkan dengan barang haram, maka bagaimana doanya akan dikabulkan?" (HR. Muslim).

Demikian kumpulan bacaan doa mustajab yang bisa Anda amalkan sebagai seorang umat muslim.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper