Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAN Siap Usung Kaesang di Pilgub Jakarta Jika Ridwan Kamil Batal Maju

Partai Amanat Nasional (PAN) mempertimbangkan Kaesang Pangarep sebagai sosok alternatif calon gubernur Jakarta di Pilkada Serentak 2024.
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA — Partai Amanat Nasional (PAN) mempertimbangkan Kaesang Pangarep sebagai sosok alternatif calon gubernur Jakarta di Pilkada Serentak 2024.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu dinilai menjadi opsi bagi PAN bila Ridwan Kamil tidak jadi ditugaskan Partai Golkar untuk berkontestasi di Pilgub Jakarta 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio. Menurutnya, Kaesang, putra bungsu Presiden Joko Widodo, bakal dipertimbangkan jika mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu justru ditugaskan kembali maju di Pilkada Jabar 2024.

“Kalau di level saya ya, ini juga menjadi masukan kalau seandainya Ridwan Kamil tidak [jadi maju] gitu ya, apa yang harus kita tampilkan. Oh berarti ada alternatif lain yaitu Mas Kaesang,” kata Eko usai Rakernas PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Selain itu, dia menilai maju atau tidaknya Ridwan Kamil masih menunggu keputusan Partai Golkar sebagai partai yang menaungi.

Eko menilai Ridwan Kamil akan menjadi lawan yang sepadan untuk bertarung dengan Anies Baswedan pada Pilkada Jakarta 2024.

“Karena kalau Ridwan Kamil masuk ke DKI Jakarta, menjadi persaingan yang buat saya seimbang antara Anies dengan Ridwan Kamil,” ujarnya.

Selain itu, Eko mengungkapkan PAN juga telah menyiapkan Zita Anjani, putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, untuk menjadi calon wakil gubernur Jakarta.

“Ya, kalau dari internal kami ya tentunya maunya Mbak Zita lah ya cawagubnya, gitu. Tapi kita lihat lagi survei kembali seperti apa,” pungkas dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa partai berlambang pohon beringin itu lebih condong ingin mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur di Pilkada Jawa Barat 2024.

Berdasarkan hasil survei, Gubernur Jawa Barat periode 2018–2023 itu mempunyai peluang kemenangan yang lebih besar jika berkontestasi di Jawa Barat dibandingkan di Jakarta. Namun, dia memastikan sejauh ini partainya belum memutuskan karir politik Ridwan Kamil tersebut.

"Dan Ridwan Kamil ini di Jawa Barat sudah teruji, pertama approval ratingnya cukup tinggi sekali dan elektabilitasnya tidak ada yang menandingi, jauh sekali di atas nama-nama yang lain," kata Doli kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/6/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper