Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PKS Vs PSI Soal Tudingan Jokowi Cawe-cawe Kaesang Cawagub DKI

PSI langsung membatah pernyataan dari PKS yang menyebut Kaesang didorong Jokowi maju sebagai cawagub DKI Jakarta.
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI
Presiden Joko Widodo (jaket hitam) dan Ketua Umum PSI Kaesang (tengah) di Braga, Bandung, Sabtu (3/2/2024)./Doc. PSI

Bisnis.com, JAKARTA — Nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI)  Kaesang Pangarep ramai dibicarakan segera maju sebagai calon wakil gubernur alias cawagub di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jakarta. 

Kabar itu muncul dari Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboe Bakar Al-Habsyi. Aboe mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyodorkan putra bungsunya, Kaesang.

Aboe tidak menjelaskan ke partai politik mana Jokowi menyodorkan Kaesang agar usung menjadi cawagub Jakarta 2024. Dia hanya menjelaskan, Kaesang pasti akan maju menjadi cawagub.

"Sudah, sudah, sudah nyodorkan [Jokowi sodorkan Kaesang untuk jadi cawagub Jakarta 2024]. Sudah nyodorkan, kita lihat aja," ungkap Aboe kepada wartawan, Kamis (27/6/2024).

Anggota Komisi III DPR ini mengaku sudah tidak heran dengan kelakuan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Menurutnya, sudah kebiasaan Jokowi ikut cawe-cawe atau terlibat langsung dalam kontestasi pemilihan pemimpin yang seharusnya secara demokratis.

"Kan udah biasa cawe-cawe mulai dari presiden sampe nanti. Biasa. Jadi enggak ada masalah, biar aja," kata Aboe.

Efek Putusan MA?

Sebagai informasi, isu Kaesang akan maju dalam ajang Pilkada 2024 mulai muncul usai adanya putusan kontroversial Mahkamah Agung (MA) nomor 23 P/HUM/2024.

Dalam putusan tersebut, MA membatalkan persyaratan usia minimal kepala daerah pada saat pendaftaran. Seharusnya, calon gubernur-wakil gubernur harus berusia minimal 30 tahun.

Adapun, Kaesang masih berusia 29 tahun ketika pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 dibuka pada 27-29 Agustus 2024. Artinya, lewat aturan lama Kaesang tidak bisa maju sebagai calon gubernur-wakil gubernur.

Meski demikian, MA membatalkan aturan tersebut sehingga kini Kaesang bisa maju Pilkada 2024. Kaesang sendiri meminta setiap pihak bersabar, ketika ditanyai soal peluangnya maju Pilgub Jakarta 2024.

Menurut ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini, akan ada kejutan sebelum pendaftaran calon kepala daerah pada 27-29 Agustus 2024.

"Kan sudah saya sampaikan, tunggu kejutannya nanti pada bulan Agustus," ujar Kaesang beberapa waktu lalu di Kantor DPP PSI.

Anak Buah Jokowi Bantah PKS

Adapun kabar Kaesang maju sebagai cawagub langsung direspons oleh politikus PSI, Grace Natalie. Grace yang sekarang menjabat sebagai Komisaris MIND ID dan Staf Khusus Presiden membantah cawe-cawe Jokowi dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Grace juga menegaskan Jokowi tidak mendorong putra bungsunya Kaesang Pangarep untuk maju dalam kontestasi politik serentak tersebut.

“Tidak benar itu pak Presiden menyodorkan nama Kaesang ke partai-partai. Pak Presiden tidak ikut campur terkait Pilkada. Persoalan pilkada adalah ranah partai,” ujarnya kepada wartawan melalui pesan teks, Kamis (27/6/2024).

Komisaris MIND ID itu menegaskan bahwa saat ini Kepala Negara terus berfokus mengerjakan tugas-tugas kepresidenan sampai Oktober mendatang.

Urusan pencalonan Pilkada, Grace melanjutkan merupakan ranah popularitas dan jumlah kursi masing-masing partai.

Oleh sebab itu, dia melanjutkan bahwa tak benar apabila orang nomor satu di Indonesia tersebut ikut cawe-cawe dalam pengusungan nama Kaesang ke partai politik (parpol)

“Kuncinya disitu. Diskusinya disitu. Bukan di Presiden,” pungkas Grace.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper