Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Siap-Siap! Debat Pertama Biden vs Trump Digelar Pekan Ini

Joe Biden dan Donald Trump akan bertanding dalam debat Presiden Amerika Serikat (AS) yang pertama dalam pekan ini.
Calon Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan)./Istimewa
Calon Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Joe Biden dan Donald Trump akan bertanding dalam debat Presiden Amerika Serikat yang bersejarah pada minggu ini. Hal ini akan menjadi momen penting dalam pemilihan umum (pemilu) AS 2024. 

Biden yang berusia 81 tahun dan Mantan Presiden AS Trump yang berusia 78 tahun sedang bersaing ketat dalam jajak pendapat nasional. Sebagian besar pemilih diketahui masih ragu-ragu menjelang pemungutan suara pada 5 November 2024. 

Perdebatan ini kemudian akan memberikan perbedaan yang paling mencolok di antara kedua kandidat. Menimbang mereka adalah kandidat tertua dalam sejarah yang mencalonkan diri sebagai presiden AS, para pemilih kini mempertanyakan usia dan ketajaman mental mereka. 

Seorang profesor ilmu politik di University of Arkansas yang telah menulis buku tentang debat presiden, Patrick Stewart, menuturkan bahwa ini adalah ujian luar biasa terhadap kompetensi kognitif kedua kandidat. "Ini adalah kesempatan kita untuk melihat seberapa besar penurunan mereka,” jelasnya sebagaimana dikutip dari Reuters, Senin (24/6/2024). 

Diketahui bahwa perdebatan di antara keduanya akan dimulai pada 21.00 EST pada Kamis 27 Juni 2024 atau jam 08.00 WIB pada Jumat, 28 Juni 2024.

Perdebatan ini akan berlangsung selama 90 menit dan mencakup dua jeda iklan. Kedua kandidat nantinya akan melempar koin, untuk menentukan penempatan podium mereka dan urutan pernyataan penutup mereka. 

Staf kampanye tidak diperbolehkan berinteraksi dengan salah satu kandidat selama acara berlangsung, termasuk pada setiap waktu istirahat.

Nantinya, setiap orang akan diberikan kertas, pena dan sebotol air. Alat peraga atau catatan yang sudah ditulis sebelumnya tidak diperbolehkan di atas panggung.

Berbeda dengan perdebatan sebelumnya, mikrofon para kandidat akan dimatikan kecuali saat giliran mereka untuk berbicara.

Tak hanya itu, tak akan ada penonton di dalam studio. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan waktu dan diskusi yang beradab. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Reuters, BBC International, The Economic Times
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper