Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenag: 7.961 Jemaah Haji Kembali ke Indonesia Hari ini

Kemenag menyatakan sebanyak 7.961 orang jemaah haji dalam 20 kloter telah dan akan diterbangkan dari Arab Saudi ke Tanah Air, pada Minggu (23/6/2024).
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Makkah
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al-Wahdah Tower Al Mutamayiz, Makkah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024) malam. Kementerian Agama menyatakan sebanyak 3.425 jamaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Makkah dari Madinah dengan menggunakan bus pada 20 Mei 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Jamaah calon haji Indonesia tiba di Makkah Jamaah calon haji Indonesia tiba di Hotel Al-Wahdah Tower Al Mutamayiz, Makkah, Arab Saudi, Senin (20/5/2024) malam. Kementerian Agama menyatakan sebanyak 3.425 jamaah calon haji Indonesia yang tergabung dalam 8 kelompok terbang (kloter) pertama telah tiba di Makkah dari Madinah dengan menggunakan bus pada 20 Mei 2024. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan sebanyak 7.961 orang jemaah haji dalam 20 kelompok terbang (kloter) telah dan akan diterbangkan dari Arab Saudi ke Tanah Air, pada Minggu (23/6/2024). 

Anggota Media Center Kemenag Widi Dwinanda mengatakan bahwa jemaah haji yang telah tiba di Tanah Air mendapatkan sejumlah layanan di asrama haji sebelum kembali ke keluarga masing-masing. 

"Kedatangan jemaah di Tanah Air disambut dengan hangat oleh sejumlah pejabat tinggi negara pimpinan daerah dan keluarga jemaah di asrama haji Pondok Gede Jakarta," katanya, dalam keterangan pers di YouTube Kemenag RI pada Minggu (23/6/2024). 

Selain itu, dia mengatakan bahwa kedatangan kloter pertama sebelumnya disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan (Menko PMK) yaitu Muhadjir Effendi. 

Dia menjelaskan rincian jemaah haji yang pulang ke Tanah Air pada hari ini di antaranya, embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.854 jemaah dengan 5 kloter; Embarkasi Batam (BTH) sebanyak 446 jemaah dengan 1 kloter; dan Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.226 jemaah dengan 3 kloter. 

Selanjutnya, Embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 jemaah dengan 1 kloter; Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) sebanyak 880 jemaah dengan 2 kloter; dan Embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 jemaah dengan 1 kloter. 

Lalu, Embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 880 jemaah dengan 2 kloter; Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1079 jemaah dengan 3 kloter; Embarkasi Padang (PDG) 393 jemaah dengan 1 kloter dan Embarkasi Medan (KNO) sebanyak 360 jemaah dengan 1 kloter. 

Adapun Widi mengatakan sebelum pulang ke Tanah Air, jemaah haji disarankan agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan menjaga kesehatan tubuh.

Menurutnya, untuk jemaah haji yang lemah, seperti lansia dan juga risiko tinggi, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan ibadah-ibadah sunnah seperti salat berjamaah di Masjidil Haram melakukan umroh sunnah atau melakukan tawaf sunnah yang berulang-ulang. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Erta Darwati
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper