Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Diyakini Jadi Lawan Kuat Anies Baswedan di Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil diyakini menjadi kompetitor kuat Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Dok-Antara
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil./Dok-Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Pakar komunikasi politik Universitas Padjadjaran (Unpad), Kunto Adi Wibowo menilai bahwa sosok Ridwan Kamil menjadi kompetitor kuat Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024.

Hal tersebut disampaikannya usai nama Ridwan direkomendasikan Partai Gerindra untuk terjun dalam kontestasi DKI 1.

“Kalau Gerindra merekomendasikan Ridwan Kamil, pasti peluangnya besar sekali di Jakarta. Kompetitornya jelas Anies Baswedan sebagai eks Gubernur DKI,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (4/6/2024).

Kunto menyebut bahwa peluang mantan Gubernur Jawa Barat itu cukup besar, mengingat popularitas dan basis pendukungnya yang didominasi generasi muda.

Selain itu, dia berpendapat bahwa rekam jejak Ridwan yang banyak melakukan pembangunan di Bandung dan Jawa Barat, seperti ruang terbuka hijau, menjadi daya tarik sendiri bagi konstituen Pilkada Jakarta.

Lebih lanjut, langkah Gerindra untuk merekomendasikan Ridwan dinilai sebagai pilihan realistis ketimbang mengusung kader lainnya, seperti Budisatrio Djiwandono maupun Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

“Karena paling tidak Pak Ridwan Kamil punya popularitas dan elektabilitas yang mungkin lebih tinggi daripada dua calon yang merupakan keponakannya Pak Prabowo [Subianto] tersebut,” pungkas Kunto.

Diberitakan sebelumnya, Partai Gerindra memberikan rekomendasi kepada Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ridwan Kamil supaya maju dalam ajang Pilkada Jakarta 2024.

Rekomendasi itu diungkapkan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad ketika ditemui awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (4/6/2024).

"Soal posisinya Kang Emil [sapaan Ridwan Kamil] itu sudah Gerindra putuskan dan diberikan rekomendasi untuk maju di Pilkada DKI [Jakarta 2024]," jelas Dasco.

Wakil ketua DPR ini tidak menjelaskan secara detail apakah Ridwan Kamil direkomendasi untuk maju sebagai calon gubernur atau wakil gubernur. Meski demikian, dia menyatakan Gerindra ingin Ridwan Kamil berpasangan dengan kader internal partai berlambang kepala burung Garuda tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper