Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pimpinan KPK Berikan Harapan Besar Untuk 9 Anggota Pansel Pilihan Jokowi

KPK menyampaikan harapannya kepada sembilan anggota panitia seleksi pansel lembaga tersebut, yang baru saja diumumkan oleh Mensesneg Pratikno.
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak/Antara
Wakil Ketua KPK Johanis Tanak/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyampaikan harapannya kepada sembilan anggota panitia seleksi calon pimpinan (pansel) lembaga tersebut, yang baru saja diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. 

Untuk diketahui, Pratikno hari ini mengumumkan sembilan orang anggota pansel capim KPK yanh dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka terdiri dari lima orang unsur pemerintah dan empat orang dari masyarakat. 

Wakil Ketua KPK Johanis Tanak menyatakan bahwa pemilihan anggota pansel merupakan hak prerogatif presiden, sehingga dia enggan menanggapi siapa saja pilihan Jokowi. Namun, dia berharap agar pansel nantinya bisa memilih calon pimpinan KPK yang berintegritas. 

"Harapannya tentu agar dapat terpilih Pimpinan KPK yang punya integritas kepribadian yang baik dan penuh rasa tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan wewenang penegakan hukum khususnya dalam memberantas tindak pidana korupsi," ujar Johanis melalui pesan singkat kepada wartawan, Kamis (30/5/2024). 

Menurutnya, pemberantasan korupsi bisa mendorong pembangunan nasional dengan tujuan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil, makmur dan sejahtera sebagaimana amanat Undang-undang Dasar (UUD) dan Pancasila. 

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyebut Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait dengan pembentukan pansel untuk calon pimpinan sekaligus dewan pengawas KPK. 

Sembilan orang pansel tersebut akan diketuai oleh Muhammad Yusuf Ateh, yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). 

Pratikno memaparkan, pemilihan Yusuf Ateh sebagai ketua pansel diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.4/2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Dewas KPL. 

"Di situ disebutkan, ketuanya dari unsur pemerintah pusat. Total anggota panselnya ada sembilan. Lima dari pemerintah pusat dan empat dari masyarakat," jelas mantan rektor UGM itu. 

Berikut daftar lengkap sembilan pansel calon pimpinan dan dewas KPK: 

1. Muhammad Yusuf Ateh (Kepala BPKP) - Ketua merangkap anggota

2. Arief Satria (Rektor IPB) - Wakil Ketua merangkap anggota

3. Ivan Yustiavandana (Kepala PPATK) - Anggota

4. Nawal Nely - Anggota

5. Ahmad Erani Yustika - Anggota

6. Y. Ambeg Paramarta - Anggota

7. Elwi Danil - Anggota 

8. Rezki Sri Wibowo - Anggota

9. Taufik Rachman - Anggota


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dany Saputra
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper