Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies-Muhaimin Temui PKS setelah Putusan MK: Dedikasi, Bukan Sekadar Rebut Kekuasaan

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar temui elite politik PKS setelah pembacaan hasil sidang MK terkait Pilpres 2024.
Calon presiden dan wakil presiden urut 1  Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Calon presiden dan wakil presiden urut 1 Anies Baswedan (kiri) dan Muhaimin Iskandar (kanan) menyapa wartawan sebelum sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyambangi DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) hari ini, Selasa (23/4/2024), usai pembacaan putusan sengketa hasil pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Anies dan Cak Imin bertemu dengan sejumlah elite PKS di antaranya Presiden PKS Ahmad Syaikhu serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Habib Aboe Bakar Al-Habsyi.

Sebelum berkunjung ke PKS, Anies telah mengunjungi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dan Cak Imin sebagai Ketua Umum PKB, Senin (22/4/2024).

Pada kunjungan ke PKS hari ini, Anies didampingi oleh Cak Imin. Anies menyebut, silaturahmi ke partai-partai Koalisi Perubahan guna menyampaikan bahwa amanah yang diembankan telah dijalankan dengan sebaik-baiknya. Amanat itu, lanjutnya, sudah tuntas usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait dengan putusan sengketa hasil pilpres 2024.

"Dan tugas yang diembankan itu telah tuntas dengan Mahkamah Konstitusi menyampaikan putusannya kemarin. Jadi kemarin sore, sesudah putusan itu, kami bersilaturahmi ke DPP Nasdem, ke DPP PKB, dan hari ini bersama-sama di DPP PKS. Koalisi perubahan telah berjuang bersama-sama," tuturnya kepada wartawan di DPP PKS, Jakarta, Selasa.

Anies dan Cak Imin juga menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diembankan oleh seluruh kader PKS selama kontestasi pilpres 2024.

Pada kesempatan yang sama, Cak Imin menyatakan bersyukur diusung oleh PKB, Nasdem serta PKS. Dia menilai PKS yang paling serius dan sungguh-sungguh di dalam memperjuangkan cita-cita perubahan.

"Hormat bersyukur dan bangga kepada PKS yang telah menunjukkan dedikasi kualitas juang yang tangguh di dalam mewujudkan perubahan," ucapnya.

Adapun Presiden PKS Ahmad Syaikhu menilai Anies dan Cak Imin telah tuntas menjalankan tugas dengan baik dan terhormat sebagai capres dan cawapres 2024. Dia mengatakan partainya bangga dan bersyukur menjadi bagian dari partai pengusung dalam Koalisi Perubahan.

"Kita telah berjuang menjadikan kontestasi Pilpres bukan hanya sekadar tentang merebut kekuasaan, melainkan lebih dari itu tentang tanggungjawab mewarnai setiap proses demokrasi dengan kampanye yang mendidik dan mencerdaskan serta tetap menjunjung tinggi etika dan moral demi meraih hasil yang terhormat, berkah dan bermartabat," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Syaikhu turut mengucapkan selamat kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Adapun MK dalam putusannya telah menolak perkara No.1/PHPU.PRES.XXII/2024 dan No.2/PHPU.PRES.XXII/2024 yang dimohonkan masing-masing oleh pasangan 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Berdasarkan komposisinya, sebanyak lima hakim konstitusi menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar Mahfud sedangkan tiga lainnya berbeda pendapat.

"Dalam pokok permohonan, menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," kata Hakim Konstitusi sekaligus Ketua MK Suhartoyo dalam amar putusan, Senin (22/4/2024).

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pilpres 2024, pasangan 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dinyatakan berhasil meraup suara terbanyak yakni 96.214.691 suara. Kemudian, di urutan kedua diikuti oleh pasangan Anies Muhaimin dengan perolehan sebanyak 40.971.906 suara. Lalu, jumlah suara sah Ganjar-Mahfud sebanyak 27.040.878 suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper