Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Jurusan Unik Sepi Peminat untuk SNBT 2024, Berminat Daftar?

Berikut ini daftar 5 program studi (prodi) atau jurusan unik sepi peminat yang hanya ada satu di Indonesia.
ISI Surakarta memiliki jurusan studi unik yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Senjata Tradisional Keris, namun sepi peminat pada SNBT 2023./Istimewa
ISI Surakarta memiliki jurusan studi unik yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Senjata Tradisional Keris, namun sepi peminat pada SNBT 2023./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) telah resmi dibuka sejak 21 Maret hingga 5 April 2024.

Bagi siswa yang ingin mendaftarkan diri, sebaiknya menyiapkan sejumlah syarat dan dokumen yang diperlukan.

Kemudian salah satu hal terpenting yang harus dicermati saat mendaftar SNBT yakni menentukan pilihan jurusan kuliah dan kampusnya.

Penentuan jurusan kuliah sangat penting karena berkaitan dengan masa depan. Selain itu, memilih jurusan kuliah juga harus cermat agar persaingan yang dilakukan tidak terlalu ketat.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa kampus yang memiliki jurusan sepi peminat. Jurusan tersebut bahkan tak ada di kampus lain.

Sebagian besar program studi (prodi) atau jurusan tersebut terhitung sepi peminat karena unik, langka, dan hanya satu di Indonesia.

Prodi atau Jurusan Unik Sepi Peminat di SNBT 2024:

Berikut ini daftar prodi atau jurusan sepi peminat yang bisa dijadikan pertimbangan mendaftar SNBT 2024.

1. Senjata Tradisional Keris - ISI Surakarta

Institut Seni Indonesia atau ISI Surakarta memiliki jurusan studi unik yang hanya ada satu-satunya di Indonesia, yaitu Senjata Tradisional Keris.

Program ini dibuka untuk program sarjana terapan yang berada di bawah naungan jurusan Kriya Fakultas Seni Rupa dan Desain Institusi Seni Indonesia.

Dilansir dari situs resminya, jurusan Senjata Tradisional Keris ISI hanya membuka kuota pendaftar sebanyak 30 mahasiswa.

Dilansir dari situs resmi ISI, lulusan jurusan Keris dapat menjadi kreator, konservator, fasilitator, hingga entrepreneur bidang keris.

Mahasiswa belajar menguasai inovasi desain ragam keris, ekplorasi bahan baku bilah keris, teknologi peralatan dan bahan pembuatan perabot keris, serta tosan aji.

Keberadaab program studi tersebut merupakan konsekuensi dari pengakuan UNESCO terhadap keris sebagai warisan budaya dunia asal Indonesia.

2. Astronomi - Institut Teknologi Bandung

Jurusan lain yang hanya ada satu di Indonesia yakni Astronomi yang ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Daya tampung jurusan ini yakni SNBP sebesar 167 orang, SNBT 89 orang, dan SM ITB 17 orang.

Jurusan Astronomi berfokus pada analisis fenomena-fenomena yang terjadi di luar angkasa, seperti gravitasi, radiasi, spektrum, dan sejenisnya.

Lulusan dari program studi ini memiliki peluang karir yang luas, termasuk di bidang astronomi, astrofisika, rekayasa antariksa, pendidikan, dan penelitian.

3. Ilmu Keluarga dan Konsumen - IPB University

Jurusan unik lain yang sepi peminat berada di IPB University. Jurusan tersebut adalah Ilmu Keluarga dan Konsumen yang fokus pada kajian perilaku, kebutuhan, preferensi, dan kesejahteraan keluarga dan konsumen, serta strategi untuk memenuhi dan meningkatkannya.

Lulusan dari jurusan ini bisa mendapatkan pekerjaan di sektor pendidikan, konseling, penelitian, pemasaran, dan lain-lain.

Adapun kuota jurusan ini yakni:

  • SNBP: 43 orang
  • SNBT: 39 orang
  • Mandiri: 12 orang
  • SM-IPB: 16 orang

4. Etnomusikologi - Universitas Mulawarman

Program studi Etnomusikologi merupakan bagian dari Fakultas Seni Pertunjukan Universitas Mulawarman (Unmul) yang mempelajari bentuk seni berkaitan dengan penguasaan teknik garapan dan dokumentasi musik etnis.

Berdasarkan data penerimaan mahasiswa baru Unmul tahun 2022 jurusan seni pertunjukan ini juga sepi peminat, tercatat dari kuota 26 calon mahasiswa yang tersedia hanya enam pendaftar mahasiswa.

Setelah menyelesaikan studi di Program Studi Etnomusikologi, Fakultas Ilmu Budaya Unmul, maka lulusan ini akan menjadi akademisi atau pun praktisi di bidang musik.

Pengkaji seni khususnya musik dalam kebudayaan, yang bisa berprofesi sebagai ilmuwan seni budaya, peneliti (muda) lapangan budaya masyarakat, konsultan seni musik dan tari, tenaga ahli museum, tenaga ahli korps musik TNI, tenaga ahli departemen budaya dan pariwisata, tenaga ahli departemen pendidikan dan kebudayaan.

Pengelola seni yang bekerja sebagai event organizer, pengelola industri seni budaya, pengusaha di bidang seni, pengelola usaha pariwisata dan budaya, dan lain-lainnya.

Pencipta seni, sebagai komponis, koreografer, penggubah lagu, penulis lirik lagu, pencipta tari, juga sebagai praktisi seni , dan lain-lain.

5. Rekayasa Nanoteknologi - Universitas Airlangga

Terakhir, jurusan unik yang ada satu di Indonesia adalah Rekayasa Nanoteknologi. Mahasiswanya akan mempelajari tentang memanipulasi materi di skala nanometer. Jurusan ini juga mempelajari tentang sifat-sifat dan aplikasi material nano seperti optik, elektronik, magnetik, biologi, dan farmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper