Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Doa Iftitah Pendek dan Panjang, Arab serta Latin dengan Artinya

Berikut ini bacaan doa iftitah sholat pendek hingga panjang lengkap dengan artinya.
Bacaan doa iftitah pendek hingga panjang lengkap dengan artinya / Bisnis
Bacaan doa iftitah pendek hingga panjang lengkap dengan artinya / Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Doa iftitah termasuk ke dalam salah satu sunnah sholat yang dibaca setelah takbiratul ihram. Bacaan doa iftitah lengkap ada 3 macam, ada doa iftitah pendek maupun doa iftitah panjang.

Doa iftitah adalah doa yang dibaca saat mengawali sholat fardhu dan sholat sunnah, kecuali untuk sholat jenazah. Doa iftitah dibaca setelah takbiratul ihram rakaat pertama sebelum membaca surat Al Fatihah.

Doa iftitah memang tidak termasuk dalam rukun sholat. Meski begitu, membaca doa iftitah sangat dianjurkan seperti yang diajarkan Rasulullah SAW. Karena sifatnya yang merupakan sunnah dalam sholat, doa iftitah dianjurkan dibaca dengan suara pelan agar tidak mengganggu kekhusyukan.

Bacaan doa iftitah dalam sholat ada 3 macam yang bisa dipilih salah satu untuk dihapal dan dikerjakan dalam sholat. Anda bisa memilih membaca doa iftitah pendek maupun yang panjang. 

Berikut bacaan doa iftitah pendek dan panjang selengkapnya.

Doa Iftitah Pendek

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ وَتَبَارَكَ اسْمُكَ وَتَعَالَى جَدُّكَ وَلاَ إِلَهَ غَيْرُكَ

Latin: "Subhaanakallahumma wa bi hamdika wa tabaarakasmuka wa ta'aalaa jadduka wa laa ilaaha ghairuk."

Artinya: "Maha suci Engkau ya Allah, aku memuji-Mu, Maha berkah Nama-Mu. Maha tinggi kekayaan dan kebesaran-Mu, tidak ada sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau."

Doa Iftitah Panjang

الله أكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة واصيلا.

Latin: "Allahu akbar, kabirau walhamdulillahi katsira, wa subhanallahi bukrotaw washila."

Artinya: "Allah Maha Besar lagi sempurna kebesaran-Nya, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-banyak pujian. Dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore."

أنى وجهت وجهي للذى فطر السموات والأرض حنيفا مسلما وما أنا من المشركين

Latin: "Inni wajjahtu wajhiya lilladzi fatharas samawati wal arha hanifam muslimaw wa ma ana minal musyrikin."

Artinya: "Kuhadapkan wajahku kepada zat yang mencipta langit dan bumi dalam keadaan lurus dan pasrah. Dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan Allah."

ان صلاتى ونسكى ومحياي ومماتى لله رب العالمين لاشريك له وبذلك امرت وانا من المسلمين

Latin: "Inna shalati wa nusuki wa mahyaya wa mamati lillahi rabbil alamin la syarika lahu wa bidzalika umirtu wa ana minal muslimin."

Artinya: "Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku semata hanya untuk Allah Tuhan Semua Alam, tiada sekutu bagi-Nya. Dan begitulah aku diperintahkan dan aku dari golongan orang muslim."

Doa Iftitah Lengkap

Berikut bacaan doa iftitah Allahumma baaid yang umum dibaca saat sholat:

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنْ خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنْ الدَّنَسِ اللَّهُمَّ اغْسِلْنِي مِنْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ

Latin: "Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa'adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji walbarod."

Artinya: "Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku, sebagaimana Engkau menjauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahanku sebagaimana baju putih dibersihkan dari kotoran. Ya Allah, cucilah aku dari kesalahan-kesalahanku dengan air, salju, dan embun."

Itulah bacaan doa iftitah yang lengkap mulai dari pendek hingga panjang dengan artinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper